Search

6 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Pada Anak

AlikaNews.Com – Rusaknya gigi pada anak-anak bisa dihindari dengan mulai perawatan gigi lebih awal. Sebagian rutinitas bisa dikerjakan untuk menghindar gigi berlubang serta melindungi gigi tetaplah sehat.

1. Lakukan kontrol rutin
Kerjakan kontrol k dokter gigi saat anak berumur satu tahun untuk ketahui keadaan gigi anak. Lakukan mencegah lebih awal bisa menolong turunkan cost perawatan serta perbaikan di masa yang akan datang.

2. Melindungi kebersihan gigi
Menyikat gigi adalah rutinitas baik yang perlu dikerjakan semenjak awal. Sebelumnya bayi mempunyai gigi, jadi gusi adalah sisi yang butuh dibikin bersih dengan lembut. Pakai air pada kain yang lembut untuk bersihkan gusi bayi. Ketika bayi telah mempunyai gigi, gunakanlah sikat gigi berbulu halus serta pakai pasta gigi berfluoride. Sikat gigi bayi 2 x satu hari. Lakukan anak untuk menyikat gigi sebelumnya tidur serta tak memberi makanan atau minuman terkecuali air putih ketika juga akan tidur.

3. Jauhi berikan susu bayi saat tidur
Jauhi memberi bayi susu atau juice saat juga akan tidur siang maupun malam. Cairan manis yang melekat pada gigi juga akan dipakai oleh bakteri penyebabnya rusaknya gigi sebagai sumber makanan. Bila anak mempunyai rutinitas “ngedot” sebelumnya tidur jadi yakinkan cuma diisi air putih.

4. Batasi pemberian juice pada anak
Biasanya beberapa orangtua menilai juice adalah pilihan sehat untuk dikonsumsi, namun juice bisa menyebabkan rusaknya gigi. Batasi mengkonsumsi juice pada anak untuk tak lebih dari 400 ml /hari 100% juice buah. Berikan juice atau minuman manis serta makanan pada saat makan serta pakai juice sebagai perangsang anak untuk makan.

5. Mengajari anak untuk minum dengan gelas
Memberi minuman dengan memakai gelas bisa menolong anak-anak untuk berpindah dari botol dot ke gelas. Beri air putih untuk mengajari anak minum dengan memakai gelas karna pemberian minuman manis sangat banyak bisa mengakibatkan pembusukan di bagian gigi belakang serta depan.

6. Batasi pemakaian botol dot sampai umur 2 atau 3 tahun
Banyak argumen yang bisa dipakai untuk tetaplah membiarkan anak konsumsi susu atau juice dengan memakai botol dot. Tetapi, dalam periode panjang bisa memengaruhi letak perkembangan gigi. Pemakaian botol dot dalam periode panjang bisa mengakibatkan perubahan bentuk mulut.

Written by 

Related posts