Search

10 Kebiasaan yang Dapat Merusak Gigi

AlikaNews.Com – Tak melindungi kesehatan gigi bisa menyebabkan sebagian problem pada gigi mulai level enteng sampai tinggi. Tersebut sebagian rutinitas yang tanpa ada diakui bisa mengakibatkan kerusakan gigi :

1. Kunyah es batu
Es tampak sebagaimana tak beresiko karna terbuat dari air putih serta bebas gula. Namun kunyah es batu yang mempunyai struktur keras bisa mengakibatkan gigi tergesek atau pecah hingga bisa melukai jaringan lunak di dalam gigi. Keadaan itu biasanya bisa mengakibatkan sakit gigi. Makanan panas serta dingin bisa menyebabkan rasa sakit dengan cepat atau rasa sakit dalam periode waktu yang lama. Jauhi hasrat untuk kunyah es batu, alihkan hasrat dengan kunyah permen karet tanpa ada gula.

2. Lakukan olahraga tanpa ada memakai pelindung mulut
Bertanding olahraga yang mempunyai kemungkinan untuk lakukan kontak fisik dengan lawan mai sebagaimana sepak bola, basket butuh memakai pelindung mulut. Tanpa ada memakai pelindung mulut, gigi bisa pecah atau malahan patah saat tak berniat kontak fisik dengan lawan main.

3. Memberi susu pada bayi ketika tidur
Membiarkan bayi dengan botol susu pada mulutnya bermakna membiarkan gigi bayi terendam dengan susu atau gula dalam periode waktu yang lama bisa mengakibatkan gigi bayi gampang rusak.

4. Tindik lidah
Tindik lidah bisa mengakibatkan gigi pecah saat menggigit logam. Tindik bibir dapat juga menyebabkan kemungkinan sama. Logam tindik bisa melukai gusi serta bisa mengakibatkan kehilangan gigi. Mulut juga adalah tempat hidup untuk bakteri hingga dengan terdapatnya tindikan bisa tingkatkan kemungkinan infeksi serta luka. Tindik lidah bisa memberi kemungkinan menusuk pembuluh darah hingga bisa mengakibatkan pendarahan.

5. Menggesekkan gigi atas serta bawah
Grinding teeth atau menggesekkan gigi bawah serta atas kerap dikarenakan oleh stress serta rutinitas ketika tidur. Pakai pelindung mulut saat malam hari ketika tidur untuk menghindar rutinitas itu.

6. Permen
Beberapa makanan manis bisa mengakibatkan rusaknya gigi namun sebagian permen mempunyai kemungkinan lebih tinggi untuk rusaknya gigi. Permen yang kenyal bisa melekat pada gigi bisa mengakibatkan rusaknya gigi.

7. Minuman bersoda
Permen bukanlah hanya satu penyebab rusaknya gigi. Soda bisa memiliki kandungan gula sampai 11 sendok per jumlah. Soda memiliki kandungan asam fosfat serta sitrat yang bisa kurangi kandungan enamel gigi.

8. Buka paket dengan memakai gigi
Buka tutup botol atau paket plastik dengan gigi biasanya kerap dikerjakan, tetapi ini adalah satu diantara rutinitas yang mengakibatkan sakit gigi. Memakai gigi untuk buka paket bisa mengakibatkan gigi pecah atau retak. Gigi cuma bisa dipakai untuk makan.

9. Menggigit bolpen atau pensil
Sebagaimana kunyah es, rutinitas menggigit bolpen atau pensil bisa mengakibatkan gigi tergesek atau retak. Permen tanpa ada gula adalah pilihan yang lebih saat butuh kunyah karna bisa menyebabkan semakin banyak air liur hingga menjadikan gigi lebih kuat serta membuat perlindungan asam-asam enamel.

10. Konsumsi kopi
Warna gelap kopi serta keasamannya bisa mengakibatkan gigi menguning dari sekian waktu. Tetapi, perubahan warna ini bisa diatasi dengan perawatan pemutih gigi.

Written by 

Related posts