Search

Tips Mencegah Hipertensi

AlikaNews.Com – Konsumsi makanan sehat kerap kali dihubungkan untuk menolong mengontrol desakan darah supaya tetaplah stabil atau menghindar terjadinya hipertensi. Menghindar terjadinya hipertensi dapat juga menolong turunkan kemungkinan penyakit jantung serta stroke. Lainnya konsumsi makanan sehat, sebagian pola hidup sehat yang bisa dikerjakan yaitu melindungi berat tubuh, lakukan olahraga, tak merokok, serta tak konsumsi alkohol.

1. Konsumsi makanan sehat
Pilih makanan yang sehat tak cuma untuk makan besar tetapi juga butuh pilih makanan ringan yang sehat. Konsumsi banyak buah serta sayuran fresh bisa menolong menghindar terjadinya hipertensi serta komplikasinya. Lainnya itu dalam membuat makanan batasi juga pemakaian garam.

Tersebut sebagian panduan untuk kurangi garam yang dikonsumsi :
– Senantiasa lihat komposisi pada label makanan yang dibeli
– Membatasi mengkonsumsi makanan cepat saji
– Ganti garam dengan rempah-rempah ketika membuat makanan. Jumlah maksimum garam yang dikonsumsi yaitu 1 sendok teh atau 2300mg.
– Kurangi mengkonsumsi garam dengan bertahap

2. Melindungi berat tubuh
Mempunyai berat tubuh yang masuk dalam kelompok kegemukan atau obesitas bisa tingkatkan kemungkinan terjadinya hipertensi. Hitungan indeks masa badan (IMT) untuk ketahui berat tubuh baik. Lainnya dengan mengkalkulasi IMT, ketahui keadaan berat tubuh ketika ini bisa dikerjakan lewat cara mengukur lingkar pinggang.
Ukuran lingkar pinggang normal yaitu :
– Lelaki mempunyai lingkar pinggang normal bila tak lebih dari 102cm.
– Wanita mempunyai lingkar pinggang normal bila tidka lebih dari 89cm.

3. Lakukan kegiatan fisik
Kegiatan fisik bisa menolong mengontrol berat tubuh untuk tetaplah normal serta turunkan desakan darah. Kegiatan fisik direferensikan 30 menit sehari-hari dengan kegiatan sebagaimana jalan cepat, jogging, berenang, serta bersepeda. Anak-anak serta remaja membutuhkan kegiatan fisik sepanjang 1 jam sehari-hari.

4.Berhenti merokok
Merokok bisa tingkatkan desakan darah serta kemungkinan tinggi alami serangan jantung serta stroke. Berhenti merokok bisa turunkan kemungkinan terserang penyakit jantung.

5. Berhenti konsumsi alkohol
Alkohol bisa tingkatkan desakan darah hingga mengkonsumsi alkohol butuh dibatasi untuk menolong menghindar hipertensi.

Written by 

Related posts