Search

Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa

AlikaNews.Com – Berpuasa sepanjang ramadhan tidak cuma tak bisa makan, namun juga tak bisa minum dalam rentang saat spesifik. Sepanjang berpuasa dalam satu bulan, kegiatan atau aktivitas keseharian tetaplah jalan sebagaimana normal. Kemungkinan untuk berlangsung dehidrasi atau kekurangan cairan bisa berlangsung tiap-tiap ketika. Orang dewasa yang mempunyai kemungkinan tinggi berlangsung saat berpuasa yaitu yang mempunyai kisah penyakit diabetes melitus.

Bagaimana tanda serta tanda dehidrasi? Bagaimana caranya perlakuan dehidrasi?

Tanda serta tanda terjadinya dehidrasi
Rasa haus tak senantiasa jadi tanda awal untuk meyakinkan badan memerlukan air. Beberapa orang khususnya orang dewasa tak rasakan haus sampai mereka alami dehidrasi. Tersebut sebagian tanda serta tanda terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan :

– Alami rasa haus yang parah
– Alami penurunan frekwensi buang air kecil
– Alami perubahan warna urine mejadi lebih gelap
– Alami kelelahan
– Alami pusing
– Alami kebingungan

Kenapa mesti selekasnya membatalkan puasa saat dehidrasi?
Kekurangan cairan pada badan bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang serius sebagaimana :

– Heat injury atau keadaan badan yang shock karna panas yang dikarenakan oleh kekurangan cairan. Keadaan ini bisa meneror jiwa.
– Masalah pada urine serta ginjal. Alami dehidrasi berkali-kali bisa mengakibatkan sebagian masalah sebagaimana infeksi saluran kemih, batu ginjal, serta malahan tidak berhasil ginjal.
– Alami kejang elektrolit. Elektrolit sebagaimana kalium serta natrium bisa menolong membawa tanda listrfik dari satu sel ke sel yang lain. Bila kandungan elektrolit tak seimbang bisa mengakibatkan kontraksi otot dengan tak berniat serta kadangkala bisa mengakibatkan kehilangan kesadaran.
– Shock Hipovolemik atau terjadinya penurunan volume darah dengan mencolok hingga mengakibatkan penurunan desakan darah serta penurunan jumlah oksigen pada badan.

Bagaimana caranya menghindar terjadinya dehidrasi ketika puasa?

Untuk menghindar terjadinya dehidrasi sepanjang bulan puasa yaitu dengan konsumsi banyak cairan serta tingkatkan makanan yang tinggi serat sebagaimana buah serta sayuran. Cairan serta makanan yang tinggi serat bisa dikonsumsi saat sahur serta selepas berbuka puasa. Untuk melindungi kecukupan cairan dibutuhkan untuk konsumsi air putih seperlunya saat selepas berbuka puasa. Tersebut sebagian panduan untuk menghindar dehidrasi sepanjang puasa :

– Konsumsi air putih sebanyak-banyaknya saat selepas berbuka sampai sahur.
– Konsumsi makanan yang tinggi serat sebagaimana buah serta sayuran.
– Hindari kegiatan yang terlalu berlebih saat berpuasa.
– Hindari kegiatan diluar ruang yang perlu terkena cahaya matahari.
– Hindari mengkonsumsi alkohol sebagaimana bir karna bisa tingkatkan kemungkinan terjadinya kekurangan cairan.

Written by 

Related posts