Search

Mengatasi Sakit Kepala Saat Berpuasa

AlikaNews.Com – Sakit kepala adalah satu diantara masalah kesehatan yang bisa berlangsung sepanjang berpuasa. Masalah sakit kepala pada bulan puasa biasanya karena sebab perubahan alur makan serta alur tidur namun kegiatan serta aktivitas keseharian yang ditempuh tetaplah sama.
Saat tengah berpuasa dibutuhkan cara-cara beda untuk menangani atau kurangi rasa sakit pada kepala supaya kegiatan serta puasa tetaplah bisa ditempuh.

Bagaimana langkah menangani sakit kepala tanpa ada konsumsi obat untuk pereda nyeri?

1. Hindari kegiatan yang menyebabkan sakit kepala.
Kadangkala sakit kepala dikarenakan oleh sebagian kegiatan sebagaimana saat mesti terkena cahaya matahari langsung kurun waktu yang lama. Mengupayakan untuk menggunakan penutup kepala sebagaimana topi saat mesti terkena cahaya matahari supaya bisa menghindar sakit kepala serta puasa bisa selalu digerakkan.

2. Mempunyai tidur yang cukup
Sepanjang bulan puasa ada sedikit perubahan alur tidur karna membutuhkan sahur di sekitaran jam 3 pagi. Untuk menghindar terjadinya nyeri kepala jadi bisa memajukan jam tidur hingga tetaplah bisa tidur sepanjang 8 jam saat malam hari. Saat sakit kepala menyerang pada siang hari, jadi bisa memakai istirahat kantor untuk tidur sesaat atau sebatas menentramkan badan.

3. Konsumsi makanan sehat
Konsumsi makanan yang sehat saat berbuka atau sahur supaya keperluan nutrisi badan bisa tercukupi.

4. Kurangi stress
Stress adalah satu diantara penyebab sakit kepala. Berusaha untuk turunkan tingkat stress dengan lakukan yoga atau kegiatan fisik yang beda. Kegiatan fisik bisa dikerjakan saat selepas berbuka puasa atau sebelumnya berbuka puasa untuk hindari dehidrasi atau kelelahan.

5. Membatasi mengkonsumsi kafein
Cafein bisa berguna untuk kurangi rasa sakit kepala namun dapat juga jadi parah sakit kepala. Hingga baiknya dijauhi untuk menghindar sakit kepala ketika berpuasa.

6. Mengompres kepala
Mengompres sisi kepala yang sakit dengan memakai es batu yang telah dilapis dengan kain supaya tak mengakibatkan kerusakan kulit. Mengompres dengan es batu bisa dikerjakan pada kening atau sisi belakang leher.

7. Lakukan pemijatan
Memijat sisi belakang leher atau kepala lewat cara menekannya dengan jari sepanjang lebih kurang 7-15 detik lalu melepasnya serta lalu menghimpit kembali.

8. Beristirahat sejenak
Sakit kepala saat berpuasa kerap kali berlangsung pada siang hari ketika bekerja. Beristirahatlah sesaat untuk meredakan sakit pada kepala. Pejamkan mata atau membaringkan badan sesaat bisa memberi rasa santai pada badan.

Written by 

Related posts