Search

Tips Mencegah Asam Lambung Selama Berpuasa

AlikaNews.Com – Satu diantara problem kesehatan yang bisa mengganggu puasa yaitu peningkatan asam lambung. Biasanya saat berpuasa seorang sempat rasakan perut sebagaimana penuh, begah, mual, dada sampai tenggorokan merasa sebagaimana terbakar atau nyeri pada perut sisi atas.

Bagaimana caranya supaya asam lambung bisa dikendalikan sepanjang berpuasa?

1. Hindari makanan yang bisa mengakibatkan peningkatan asam lambung.
2. Biasanya saat berbuka puasa beberapa orang kurang memerhatikan menu yang dikonsumsi. Sebagian makanan sebagai penyebabnya peningkatan asam lambung, sebagaimana makanan yang digoreng atau berlemak, saus tomat, alkohol, coklat, mint, bawang putih, serta cafein.

3. Konsumsi makanan dalam jumlah yang kecil saat berbuka puasa.
Makan terlalu berlebih bisa mengakibatkan peningkatan asam lambung sepanjang bulan puasa. Jadi dianjurkan untuk konsumsi makanan dalam jumlah jumlah kecil apalagi dulu namun dengan frekwensi yang kerap.

4. Jauhi tidur selepas makan
Berikan jarak untuk tidur lebih kurang 3 jam selepas makan.

5. Menempatkan kepala lebih tinggi saat tidur
Menempatkan kepala lebih tinggi dengan bantal penambahan bisa menolong menghindar terjadinya peningkatan asam lambung saat malam hari.

6.Berhenti atau kurangi rokok
Merokok bisa turunkan peranan organ lambung untuk menghindar peningkatan asam lambung. Hingga berhenti merokok atau kurangi saat berpuasa begitu disarankan untuk menolong menghindar peningkatan asam lambung.

7. Memakai baju yang longgar serta sabuk yang longgar supaya tak menghimpit di bagian perut.
Pada sebagian keadaan seorang memerlukan obat untuk menangani peningkatan asam lambung. Obat yang bisa dipakai untuk menangani asam lambung tanpa ada resep dokter yaitu antasida. Sebagian obat beda bisa dibeli atas referensi dari Apoteker. Obat-obat itu bisa dikonsumsi untuk mencegah, bila seorang sempat alami peningkatan asam lambung atau telah mempunyai kisah tukak lambung. Obat untuk mencegah atau menangani asam lambung bisa dikonsumsi saat berbuka puasa serta sahur.

Pada seorang yang mempunyai kisah penyakit lambung sebagaimana maag kritis serta tukak lambung, baiknya berkonsultasi dengan dokter bila menginginkan berpuasa. Serta selekasnya membatalkan puasa bila tanda yang dirasa makin kerap serta tak tertahankan.

Written by 

Related posts