Search

Pertolongan Pertama Saat Terkena Bahan Kimia

AlikaNews.Com – Sekian waktu lalu ada satu peristiwa mengenai penyidik KPK yang disiram dengan bahan kimia beresiko. Peristiwa penyiraman bahan kimia beresiko dengan disengaja atau tak disengaja kerap kita temui dalam kehidupan keseharian. Kerap juga kita jumpai dengan tak berniat anak kecil meminum obat penghilang serangga. Perlakuan yang salah bisa mengakibatkan kemungkinan jelek sampai kematian. Bagaimana pertolongan pertama yang perlu dikerjakan untuk membantu orang yang lain atau sendiri?

Terkena bahan kimia pada mata
Mata yang terserang bahan kimia beresiko dibutuhkan untuk selekasnya lakukan pembilasan air mengalir sepanjang 15-20 menit. Tak semuanya bahan kimia mempunyai dampak yang sama pada mata (sebagian bahan kimia tak menimbukan iritasi, tetapi sebagian bahan kimia beda bisa menyebabkan cedera kronis). Tersebut periode saat yang dibutuhkan untuk mencuci mata dengan air :

– 5 menit untuk bahan kimia non iritan atau iritan tengah.
– 15-20 menit untuk bahan kimia iritan tengah sampai iritan berat serta bahan kimia yang bisa mengakibatkan toksis bila terserap pada kulit.
– 30 menit untuk bahan kimia berbentuk korosif.
– 60 menit untuk basa kuat sebagaimana natrium, kalium atau kalsium hidroksida.
– Pembilasan air butuh selekasnya dikerjakan selepas bahan kimia tentang mata atau kulit. Bila keadaan yang berlangsung kronis jadi membutuhkan perawatan darurat dirumah sakit apalagi bila saluran pernapasan terganggu. Bila dibutuhkan pembilasan dengan air mesti selalu dikerjakan sepanjang perjalanan menuju rumah sakit.

Terkena bahan kimia pada kulit

Saat berlangsung pemaparan bahan kimia lewat udara jadi butuh dengan selekasnya untuk hirup udara fresh yang mempunyai kandungan oksigen tinggi. Direferensikan agar bisa hirup oksigen memakai tabung oksigen darurat serta lakukan kontrol dirumah sakit. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya bisa dikerjakan perawatan serta kontrol yang lebih cermat.

Terkena bahan kimia lewat pencernaan

Muntah tak dapat jadi senantiasa pertolongan pertama saat bahan kimia tertelan dengan berniat atau tak berniat. Tersebut sebagian argumen kenapa muntah tak bisa jadi pertolongan pertama bila menelan bahan kimia :

-Jumlah bahan kimia yang tertelan oleh orang dewasa mempunyai jumlah yang kecil yakni sekitaran 14-21 ml.
Tak ada bukti yang tentu bila memuntahkan bahan kimia yang tertelan memberi hasil yang tambah baik daripada bila mendiamkan.
Memuntahkan bahan kimia bisa menyebabkan kemungkinan yang semakin besar khususnya dalam keadaan darurat. Umpamanya sebagaimana saat muntah lalu alami tersedak bisa mengakibatkan bahan kimia masuk dalam saluran nafas.
Perawatan medis dirumah sakit adalah jalan paling baik untuk mengatasi peristiwa tertelannya bahan kimia karna dokter serta tenaga medis yang lain bisa memberi aksi paling baik.
Kerap kali kita mendengar saat menelan bahan kimia atau toksin butuh selekasnya konsumsi susu untuk penetral toksin. Tetapi alami penurunan pelajari dari The American Heart Association serta American Red Cross kalau seorang yang menelan bahan kimia atau toksin tak butuh konsumsi apa pun lewat mulut.

Menyiapkan penetral toksin adalah usaha pertolongan pertama yang bisa dikerjakan. Direferensikan pada klinik atau rumah sakit paling dekat lingkungan kerja ketahui bahan kimia yang dipakai supaya bisa mempunyai persediaan penetral toksin.

Written by 

Related posts