Search

Penyebab Kulit Ketiak Menghitam

AlikaNews.Com – Sempatkah Anda lihat leher atau ketiak seorang mempunyai warna lebih gelap dari kulit yang beda atau menghitam? Sisi yang biasanya menghitam yaitu leher, ketiak, serta sisi selangkangan. Keadaan ini dalam arti medis di kenal dengan Acanthosis nigricans yang diikuti dengan munculnya daerah gelap, berwarna beludru serta kadangkala jadi menebal di bagian lipatan badan. Perubahan kulit ini biasanya berlangsung pada seorang yang alami obesitas atau mengalami diabetes.

Tanda serta tanda acanthosis nigricans
Perubahan kulit adalah hanya satu tanda terjadinya acanthosis nigricans. Kulit juga akan alami penebalan serta kulit jadi berwarna beludru gelap di bagian lipatan badan. Perubahan kulit biasanya keluar dengan perlahan. Kulit yang terserang juga akan mempunyai peluang alami bau atau gatal.

Apakah penyebabnya dari acanthosis nigricans?
Acanthosis nigricans bisa dihadapi oleh orang sehat atau bisa dihadapi oleh orang yang mempunyai keadaan kesehatan spesifik. Tersebut sebagian penyebabnya kulit jadi menghitam :

1. Masalah pada insulin. Biasanya seorang yang alami acanthosis nigricans mempunyai problem pada sensitifitas insulin. Insulin adalah hormon yang menolong mengolah glukosa yang masuk dalam badan.

2.Masalah hormonal. Biasanya seorang yang alami acanthosis nigricans mempunyai masalah sebagaimana kista ovarium, hormon tiroid yang kurang aktif atau maslaah pada kelenjar adrenal.

3. Pemakaian obat serta suplemen spesifik. Pemakaian vitamin B3 (niacin) pada dosisi tinggi, pil KB, prednison serta obat kelompok kortikosteroid yang lain bisa mengakibatkan terjadinya acanthosis nigricans.

4. Kanker. Acanthosis nigricans kadangkala berlangsung karna limfoma atau saat kanker mulai berkembang di organ dalam sebagaimana usus, perut, atau hati.

Apakah aspek kemungkinan penyebabnya acanthosis nigricans?
Ada banyak keadaan yang bisa meningkatan kemungkinan terjadinya acanthosis nigricans :

1. Obesitas. Badan yang makin bertambah berat jadi bisa tingkatkan kemungkinan acanthosis nigricans.
2. Aspek ras.
3. Aspek keturunan

Bagaimana perlakuan acanthosis nigricans?
Ketahui penyebabnya terjadinya acanthosis nigircans atau menghitamnya kulit badan bisa menolong mengatasinya. Tersebut sebagian langkah yang bisa dikerjakan :

1. Kurangi berat tubuh. Bila menghitamnya sisi badan karena oleh obesitas jadi dibutuhkan usaha untuk turunkan berat tubuh jadi normal.
2. Berkonsultasi dengan dokter untuk pergantian atau turunkan dosis obat serta suplemen yang dikonsumsi.
3. Bertindak operasi atau pengangkatan tumor atau kanker yang menjaid penyebabnya.
4. Berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh obat untuk menyamarkan warna hitam pada kulit.

Apakah acanthosis nigricans bisa dihindari?

Mencegah terjadinya acanthosis nigricans bisa dikerjakan dengan lakukan gaya hidup sehat serta kurangi mengkonsumsi kalori. Pengurangan mengkonsumsi kalori bisa menolong turunkan kandungan hormon insulin.

Written by 

Related posts