Search

Tips Menjaga Kesehatan Tulang

AlikaNews.Com – Melindungi kesehatan tulang nyatanya gampang untuk dikerjakan dengan ketahui alur makan yang bisa dikerjakan, lakukan olahraga yang pas, serta pola hidup yang bisa memberi dampak pada kesehatan tulang. Tulang mempunyai banyak peranan untuk badan, membuat susunan badan, penahan otot, serta menaruh kalsium. Melindungi kesehatan tulang berawal pada saat anak-anak sampai dewasa.

Tulang selalu alami perubahan, tulang yang anyar juga akan di buat serta tulang yang lama juga akan dipecah. Saat masih berumur muda, badan juga akan menjadikan tulang anyar lebih cepat dari pada terjadinya rusaknya tulang lama serta juga akan berlangsung peningkatan masa tulang. Biasanya seorang menjangkau puncak massa tulang pada umur 30 tahun. Selepas umur itu, tulang juga akan tetaplah berkembang namun badan juga akan kehilangan massa tulang semakin banyak dari pada yang diperoleh.

Penurunan massa tulang bisa mengakibatkan terjadinya osteoporosis, di mana tulang juga akan jadi lemah serta rapuh. Osteoporosis bisa berlangsung bergantung pada jumlah massa tulang saat menjangkau umur 30 tahun serta seberapa cepat massa tulang hilang.

Apa yang disebut dengan tulang kuat?
Kerap kali kita minum susu atau konsumsi suplemen untuk tulang supaya kuat. Tetapi apa yang disebut dengan tulang kuat?
Tersebut disini banyak hal yang terkait dengan kemampuan tulang :

– Massa tulang yaitu jumlah keseluruhan jaringan pada tulang. Massa tulang diumpamakan sebagai keseluruhan uang pada tabungan.
– Kepadatan tulang merujuk pada seberapa erat jaringan yang membuat tulang. Makin tinggi mineral pada tulang jadi tulang juga akan jadi lebih padat serta kuat. Saat tulang kehilangan unsur mineral jadi tulang juga akan kehilangan bahan yang membuat tulang.
– Kemampuan tulang merujuk pada kekuatan tulang untuk menahan desakan. Kemampuan tulang tergantung pada kualitas tulang, massa tulang serta kepadatan tulang. Makin banyak jumlah massa tulang serta makin padat tulang jadi kemampuan tulang juga akan makin bertambah.

Aspek apakah yang memengaruhi kesehatan tulang?
Ada banyak aspek yang bisa memengaruhi kesehatan tulang, sebagaimana :

– Jumlah kalsium yang dikonsumsi
– Kegiatan fisik atau olahraga yang dikerjakan
– Pemakaian tembakau (merokok) serta alkohol
– Aspek type kelamin.
– Wanita mempunyai kemungkinan lebih tinggi alami osteoporosis dari pada lelaki.
– Berat tubuh
– Aspek usia
– Aspek ras serta keturunan
– Kandungan hormon spesifik pada badan.Umpamanya, mempunyai kandungan hormon tiroid yang tinggi bisa mengakibatkan tulang kehilangan massanya.
– Keadaan kesehatan.
Pada seorang yang alami anoreksia atau bulimia mempunyai kemungkinan terserang osteoporosis.
– Pemakaian obat-obat spesifik dalam periode panjang.
– Pemakaian kortikosteroid dalam periode panjang biasanya tingkatkan kemungkinan terjadinya osteoporosis.

Apa yang perlu dikerjakan untuk melindungi kesehatan tulang?

Sebagian langkah bisa dikerjakan untuk perlambat kehilangan massa tulang, sebagaimana :

1. Konsumsi jumlah kalsium sesuai sama yang diperlukan oleh badan.
– Wanita pada umur 19-50 tahun memerlukan kalsium sebesar 1000mg satu hari serta di atas umur 50 tahun memerlukan kalsium sebesar 1200mg satu hari.
– Lelaki yang mempunyai umur 19-70 tahun memerlukan kalsium sebesar 1000mg satu hari serta di atas umur 70 tahun memerlukan kalsium sebesar 1200mg satu hari.
Sumber paling utama kalsium bisa diketemukan pada makanan yang datang dari susu, almond, brokoli, serta makanan yang terbuat dari kedelai.

2. Konsumsi jumlah vitamin D sesuai sama yang diperlukan oleh badan. Vitamin D berperan untuk menyerap kalsium.
– Pada seorang dewasa yang berumur 19-70 tahun memerlukan vitamin D sebesar 600IU (international unit) satu hari.
– Pada umur di atas 70 tahun memerlukan 800IU satu hari.
Sumber paling utama vitamin D bisa diketemukan pada kuning telur, ikan laut, serta susu yang memiliki kandungan vitamin D. Cahaya matahari juga satu diantara sumber vitamin D untuk badan.

3. Lakukan aktivitas fisik sehari-hari sebagaimana latihan menahan beban, jalan, jogging, bertanding tenis serta naik tangga bisa menolong tulang jadi kuat serta perlambat sistem pengeroposan tulang.

4. Berhenti merokok serta berhenti konsumsi alkohol sehari-hari terlalu berlebih.

Written by 

Related posts