Search

Penyebab dan Cara Mencegah Tumit Pecah – Pecah

AlikaNews.Com – Kaki pecah atau tumit retak biasanya bukanlah adalah penyakit yang serius, namun bisa mengakibatkan rasa tak nyaman serta masalah pada performa. Pada umumnya masalah, tumit retak dikarenakan oleh aspek lingkungan sebagaimana cuaca panas atau dingin, kelembaban udara yang rendah, serta berendam kurun waktu yang lama di air panas.

Penyebabnya tumit retak
Tumit retak bisa dihadapi oleh kebanyakan orang, namun ada sebagian orang yang lebih rawan alami tumit retak. Tersebut sebagian keadaan yang tingkatkan kemungkinan seorang lebih rawan alami tumit retak :

Alami kulit kering pada semuanya cuaca
Alami problem atau penyakit kulit
Mempunyai keadaan kesehatan sebagaimana diabetes yang bisa mengakibatkan kulit kering
Keadaan awal pembentukan tumit retak yaitu terjadinya kulit yang kering alami penebalan. Peningkatan desakan pada susunan lemak di bawah tumit mengakibatkan pemisahan atau keretakan. Ada banyak aspek yang mengakibatkan retak diantaranya keunggulan berat tubuh, berdiri kurun waktu yang lama khususnya pada lantai yang keras, serta memakai sepatu atau sandal yang terbuka.

Tanda serta tanda tumit retak
Sinyal tanda pertama juga akan terjadinya tumit retak yaitu :

– Kulit alami kering
– Kulit alami pengerasan
– Kulit di sekitar pinggir tumit alami penebalan

Penebalan itu diberi nama kalus yang biasanya berlangsung perubahan warna jadi berwarna kuning atau coklat gelap. Bila tak diberi therapy penyembuhan yang pas serta tumit alami desakan terus-terusan jadi retakan juga akan jadi lebih dalam. Retakan pada tumit sebagai dalam bisa mengakibatkan nyeri saat jalan serta berdiri.

Pada masalah yang kronis bisa mengakibatkan infeksi hingga butuh dikerjakan aksi medis untuk menangani infeksi. Tumit yang pecah adalah keadaan serius pada pasien diabetes khususnya yag alami komplikasi rusaknya saraf (mati rasa) khususnya pada kaki.

Pencegahan tumit retak
Maksud perlakuan tumit retak khususnya untuk mencegah terjadinya perluasan keretakan. Usaha yang bisa dikerjakan yaitu dengan memoleskan tumit dengan cream pelembab dengan teratur untuk melindungi kulit supaya tetaplah atau jadi lentur serta lembab. Pelembab spesial untuk tumit baiknya memiliki kandungan bahan sebagaimana urea, asam salisilat, alpha-hydroxy acids, saccharide isomerate.

Mandi dengan memakai air hangat serta membatasi saat mandi. Mengeringkan sisi yang retak dengan memakai handuk yang lembut. Lalu memoleskan pelembab pada tumit.

Mengecek keadaan kaki sehari-hari serta memberi pelembab pada tumit yang pecah. Menggosok-gosok lembut pada tumit yang retak dengan memakai batu apung sebelumnya memoleskan pelembab. Celah-celah pada tumit yang retak bisa diobati dengan obat pembasmi rasa sakit yang berupa cairan, gel, atau semprot. Bila tak ada hasil lebih baik pada tumit yang retak jadi cepatlah berkonsultasi dengan dokter.

Written by 

Related posts