Search

Penyebab dan Cara Mengatasi Hipertrigliserida

AlikaNews.Com – Trigliserida adalah semacam lemak yang ada pada darah. Trigiserida terjadi saat makanan yang masuk dalam badan dirubah jadi kalori serta keunggulan kalori dirubah jadi trigliserida. Trigliserida disimpan dalam lemak. Hormon juga akan melepas trigliserida untuk memberi daya pada badan disela saat makan. Saat kalori yang dikonsumsi lebih dari jumlah kalori yang semestinya dibakar juga akan mengakibatkan peningkatan trigliserida.

Berapakah kandungan normal trigliserida?
Pada kontrol darah trigliserida, bisa tunjukkan kandungan trigliserida pada badan.

– Kandungan trigliserida normal : 150 mg/dL
– Kandungan trigliserida batas tinggi : 150-199 mg/dL
– Kandungan trigliserida tinggi : 200-299 mg/dL
– Kandungan trigliserida begitu tinggi : 500 mg/dL

Apakah ketidaksamaan trigliserida serta cholesterol?
Trigliserida serta cholesterol adalah type dari lemak yang ada pada aliran darah. Trigliserida adalah keunggulan kalori pada badan yang bisa dipakai untuk membuat daya. Cholesterol di dalam badan mempunyai peranan untuk pembentukan sel serta hormon spesifik. Trigliserida serta cholesterol tak bisa larut dalam darah, keduanya ada dalam darah dengan pertolongan protein yang mengangkut lipid (lipoprotein).

Apakah dampak dari peningkatan trigliserida?
Peningkatan trigliserida bisa mengakibatkan pengerasan arteri serta penebalan dinding arteri (aterosklerosis) yang bisa tingkatkan kemungkinan stroke, serangan jantung, serta penyakit jantung. Trigliserida yang begitu tinggi (1000mg/dL) bisa mengakibatkan pankreatitis akut.

Kadangkala trigliserida yang tinggi adalah tanda diabetes type 2 yang tak termonitor dengan baik, kandungan hormon tiroid yang rendah, penyakit hati atau ginjal, atau keadaan genetik langka yang memengaruhi metabolisme badan. Peningkatan trigliserida dapat juga dikarenakan oleh resikonya pemakaian obat-obatn sebagaimana beta blcoker, pil KB, diuretik, serta steroid.

Bagaimana caranya turunkan trigliserida?
Pola hidup sehat adalah kunci agar bisa turunkan kandungan trigliserida dalam darah. Tersebut gaya hidup sehat yang bisa dikerjakan :

– Turunkan berat tubuh sampai rentang normal.
– Kurangi mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalori untuk membatasi terjadinya keunggulan kalori yang dirubah jadi trigliserida.
– Sayuran yang memiliki kandungan tinggi serat. Ada banyak sayuran yang baik untuk seorang yang mempunyai hipertrigliserida, sebagaimana jagung, kacang polong, kembang kol, kangkung, serta jamur. Sayuran itu tak merubah keunggulan pati jadi trigliserida.
– Membatasi mengkonsumsi buah hingga tak ada banyak gula alami.
– Hindari makanan yang manis sebagaimana gula serta makanan yang di buat dengan tepung.
– Konsumsi lemak yang sehat sebagaimana lemak yang datang dari tumbuhan atau ikan yang memiliki kandungan omega-3.
– Membatasi mengkonsumsi alkohol karna alkohol mempunyai kandungan kalori yang tinggi. Malahan alkohol dalam jumlah yang kecil bisa tingkatkan kandungan trigliserida.
– Olahraga dengan teratur minimum 30 menit sehari-hari. Olahraga yang teratur bisa turunkan kandungan trigliserida serta tingkatkan cholesterol baik.

Written by 

Related posts