Search

Penyebab dan Penanganan Difetri

AlikaNews.Com – Sakit tenggorokan adalah hal umum yang kerap dihadapi. Penyebabnya dari sakit tenggorokan berbagai macam serta salah nya ialah difteri.

Difteri adalah infeksi bakteri yang serius di mana biasanya memengaruhi selaput lendir hidung serta tenggorokan. Difteri umumnya mengakibatkan nyeri atau sakit pada tenggorokan, demam, pembengkakan kelenjar serta lemas. Tenggorokan yang alami difteri mempunyai susunan putih serta alami pembengkakan. Pembengkakan tenggorokan bisa mengakibatkan terjadinya sesak nafas.

Difteri adalah penyakit menyebar yang dikarenakan oleh bakteri yang bisa hasilkan toksin untuk mengakibatkan kerusakan jaringan pada manusia. Penyakit ini dikarenakan oleh Corynebacterium yang ada pada air liur orang yang terinfeksi.

Tanda serta tanda difteri
Difteri mempunyai tanda serta tanda yang diawali 2-5 hari selepas seorang terinfeksi, sebagaimana :

1. Berlangsung pembengkakan serta ada selaput berwarna abu-abu yang menutupi tenggorokan serta amandel.
2. Sakit tenggorokan serta nada jadi serak
3.Alami batuk
Berlangsung pembengkakan kelenjar pada leher (pembesaran kelenjar getah bening)
4. Alami kesusahan bernafas atau nafas jadi cepat
5. Alami demam serta menggigil
6. Tubuh merasa tak enak
Pada sebagian orang yang diserang difteri cuma mengakibatkan sakit enteng atau tak ada sinyal tanda serta tanda yang terangnya.

Type ke-2 dari difteri bisa memengaruhi kulit serta mengakibatkan rasa sakit yang ciri khas, kemerahan, serta bengkak. Luka yang muncul tertutupi oleh selaput abu-abu.

Penyebabnya difteri

Difteri dikarenakan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae yang berkembang pada permukaan atau didekat selaput lendir tenggorokan. Corynebacterium diphtheriae menebar lewat tiga rute yakni :

1. Lewat udara
Bersin atau batuk dari orang yang terinfeksi mengakibatkan kerancuan pada udara. Udara yang terkontaminasi bisa tertular lewat dengan langkah tersebut.
2. Lewat beberapa barang pribadi
Seorang bisa terinfeksi difteri lewat pemakaian bersama gelas atau barang beda.
3. Lewat barang tempat tinggal tangga
Difteri bisa menebar pada barang rumah tangga sebagaimana handuk atau mainan.
4. Aspek kemungkinan difteri
Ada banyak keadaan yang bisa tingkatkan terinfeksi difteri mencakup :

Anak-anak atau orang dewasa yang mempunyai kebal badan rendah
Mempunyai lingkungan yang tak sehat
Melancong ke tempat yang disebut endemik difteri

Perlakuan difteri
Perlakuandifteri tak bisa diobati cuma dengan obat yang di jual bebas tanpa ada resep dokter. Berkonsultasilah dengan dokter untuk memperoleh penyembuhan yang pas serta efisien, sebagaimana :

1. Antitoksin
Antitoksin akandisuntikkan lewat pembuluh darah atau otot yang berperan untuk menetralisir racun difteri yang telah menebar pada badan. Sebelumnya pemberian antitoksin, dokter juga akan lakukan tes untuk alergi kulit untuk meyakinkan kalau seorang tak alergi pada antitoksin.
2. Antibiotik
Difteri juga diterapi dengan memakai antibiotik. Antibiotik menolong membunuh bakteri di dalam badan untuk bersihkan infeksi.

Written by 

Related posts