Search

Tanda, Gejala dan Penanganan Panu

AlikaNews.Com – Panu atau dalam bhs medis dimaksud pityariasis versicolor yaitu satu diantara bentuk penyakit kulit yang dikarenakan oleh jamur Pytirosporum ovale. Jamur ini mengganggu pigmentasi normal kulit hingga ada beberapa ruang kecil yang beralih warna jadi lebih jelas maupun lebih gelap dari kulit di sekelilingnya.
Biasanya panu kerap kali berlangsung pada seorang umur remaja serta dewasa. Sebenarnya panu tak mengakibatkan rasa sakit serta tak menyebar. Salep anti jamur bisa menolong menyembuhkan panu namun kadangkala tak langsung menjadikan warna kulit kembali sebagaimana terlebih dulu. Penyakit panu kerap berlangsung berulang pada keadaan cuaca yang hangat serta lembab. Pada seorang yang kerap atau gampang berkeringat mempunyai kemungkinan lebih tinggi untuk diserang panu.

Tanda serta Gejala Panu

Panu umumnya diawali dengan ruang kecil berwarna pucat kecil. Pada seorang berkulit putih terkadang ruam berwarna lebih gelap dari kulit di sekelilingnya. Biasanya panu keluar di punggung, dada, leher, atau lengan sisi atas. Ruam terkadang menebar sampai ke perut serta paha. Terkadang bisa memengaruhi muka. Kulit yang mengalami panu dapat jadi sedikit bersisik serta merasa gatal.

Penanganan Panu

Perlakuan panu begitu tergantung pada tempat infeksi serta tingkat keparahan. Dalam keadaan yang tak kronis, berarti cuma sisi badan spesifik yang terinfeksi, biasanya panu bisa diatasi dengan memakai obat-obatan yang dioles-oleskan pada kulit yang sakit. Mintalah anjuran Apoteker di apotek untuk penentuan obat yang pas, langkah pemakaian obat sampai langkah penyimpanan obat yang pas.
Butuh diingat kalau Sebelumnya memakai salep atau lotion untuk menyembuhkan panu baiknya membersihkan ruang yang terserang panu serta mengeringkannya. Selepas ruang itu kering jadi berikan salep atau lotion seperlunya sampai rata semua ruang.
Tetapi dalam keadaan spesifik umpamanya infeksi jamur sudah menebar luas pada badan dibutuhkan obat anti jamur yang diminum. Selekasnya tanyakan dengan dokter untuk memperoleh penyembuhan yang pas.

Written by 

Related posts