Search

Jenis dan Type Asma

AlikaNews.Com – Asma yaitu penyakit kritis di mana saluran pernapasan alami penyempitan karena :

Kejang pada otot-otot yang melingkari saluran pernapasan paling kecil (bronkhiol) hingga melilit. Keadaan ini di kenal dengan “bronchokonstriksi”.
Inflamasi : bengkak, hasilkan lendir (mucus) yang lengket dalam jumlah terlalu berlebih.

Disebutkan kritis karna penyakit yang dimainkan lama malahan bisa seumur hidup penderitanya. Yang dirasa oleh penderitanya yaitu kesusahan untuk menarik atau hembuskan udara masuk serta keluar dari paru-paru. Tanda yang ciri khas dari asma yaitu mengi, batuk, sesak/nyeri dada serta sesak napas. Tanda ini bisa dimainkan enteng sampai kronis.

Asma bisa keluar pada beragam umur. Beberapa pasien memperoleh tanda awalnya pada saat kanak-kanak, yang lalu menghilang saat tumbuh dewasa. Hal semacam ini umum berlangsung karna yang berkaitan geser rumah, telah lebih kuat hadapi penyebab asma atau penyebab menghilang bersamaan dengan berjalannya saat. Pasien yang beda mulai mengalami asma malah selepas dewasa, tanpa ada sempat memperoleh tanda pada saat anak-anak.

Jenis serta type asma

Apakah anda ketahui kalau nyatanya asma mempunyai sebagian type? Ketahui type asma juga akan menjadikan kita tahu seberapa efisien penyembuhan yang tengah lakoni ketika serangan asma datang kembali.
Berdasar pada penyebab atau peristiwanya, asma dibedakan menjadi

1. Asma alergi (Allergic Asthma)
Apakah reaksi alergi menjadikan anda alami batuk, bersin sampai mengi? Bila anda alami asma alergi, saluran pernapasan anda juga akan ekstra peka pada alergen spesifik. Ketika badan anda bersentuhan dengan alergen itu jadi system imun badan juga akan bereaksi secara cepat.
Yang termasuk juga alergen adalah
a. Serbuk sari bunga, rumput
b. Kecoa
c. Bulu, binatang
d. Debu rumah
e. Jamur. Umumnya jamur yang ada pada wastafel, kamar mandi, serta tempat lembab yang lain.
f. Kutu rumah

Lainnya itu ada juga banyak hal yang berbentuk iritan yang dapat juga jadi pemicunya seperti
a. Asap
b. Polusi
c. Udara dingin
d. pewangi
e. Parfum
f. Cat yang belum juga kering.

2.Asma non-alergi (Non-Allergic Asthma)
Asma type ini keluar tak terkait dengan reaksi alergi.

3. Nocturnal Asthma
Asma type ini cuma keluar ketika malam hari, khususnya saat pasien tengah tidur. Penyebab asma type ini adalah
a. Keadaan peranan pernapasan yang memanglah alami penurunan pada malam hari sampai awal hari.
b. Saat malam hari, pada saat tidur, saluran pernapasan lebih lama terkena kutu, bulu serta debu yang ada pada bantal, sprei atau selimut.
c. Pemaparan pada allergen pada siang hari bisa mengakibatkan reaksi lambat penyempitan saluran pernapasan yang berlangsung 3-8 jam lalu, yakni saat malam hari pada saat tidur.
d. Suhu badan turun pada ketika tidur : hal semacam ini bisa menyebabkan penyempitan saluran nafas.

4. Exercise-induced Asthma
Asma type ini keluar karna dipicu oleh kegiatan badan sebagaimana olahraga khususnya olahraga sebagaimana jogging, lari serta jalan cepat. 5 – 20Sayangnya mjustru Bila anda alami asma type ini, cepatlah periksakan keadaan kesehatan anda ke dokter. dokter juga akan memberi obat yang bisa dipakai sebelumnya anda lakukan olahraga.

5. Occupational Asthma
Asma type ini yaitu asma yang terkait dengan tempat/type pekerjaan seperti
a. Peternak, ada bulu hewan
b. Peneliti hewan, ada serbuk sari
c. Peternak lebah
d. Penjahit, ada serat halus dari potongan kain.

6. Asma pada kehamilan
Dari semua populasi wanita hamil, 4%-nya alami asma. Malahan tak tidak sering ada yang pertama kalinya mengalami asma malah ketika kehamilan. Keadaan ini kerap disimpulkan sebagai “bawaan bayi”. Walaupun hal itu tidak benar. Asma ketika kehamilan butuh dikerjakan dengan benar, karna bisa memiliki resiko jelek baik pada ibu serta janinnya. Sayangnya asma ketika kehamilan tak 100% dapat hilang selepas melahirkan. Sepertiga
Bila keadaan ini tak dikerjakan dengan benar, jadi bisa memiliki resiko :
a. Asma ringan
– Mual dimuka kehamilan makin parah
– Bayi lahir premature
– Bayi lahir dengan berat rendah
– Bayi wafat saat dilahirkan.
b. Asma sedang
Kemungkinan mesti melahirkan lewat operasio Caesar.
c. Asma parah
– Hipertensi
– Pre-eclampsia
– Keadaan di mana desakan darah tinggi ≥ 140/90 mmHg pada wanita hamil di umur kehamilan 20 hari minggu sampai satu minggu selepas melahirkan, diikuti bengkak di pergelangan kaki serta diketemukan protein di urine.
– Placenta previa. Keadaan di mana sel telur yang telah dibuahi tertanam di rahim sisi bawah, hingga placenta menutupi mulut rahim. Placenta ini bisa putus saat bayi dilahirkan serta bisa mengakibatkan rusaknya otak pada bayi. Placenta previa adalah penyebabnya paling utama terjadinya pendarahan tanpa ada rasa sakit pada 3 bulan pertama kehamilan.
d. Pendarahan rahim.

Written by 

Related posts