Search

Tips Menghindari Flu di Musim Hujan

AlikaNews.Com – Sempatkah Anda alami peristiwa ini? Peristiwa di mana lebih kerap terserang flu saat musim hujan tiba. Bila sempat bermakna kita sama. haha
Flu memanglah bukan penyakit yang beresiko tetapi flu ini dapat begitu mengganggu kegiatan harian kita.

Begitu kesalnya kita saat tengah berupaya untuk konsentrasi mendadak kita bersin atau batuk atau hidung meler. Tidak enak kan? tentu ganggu lah.
Sesungguhnya telah banyak obat-obatan yang mengedar di warung ataupun apotek yang dapat mengobati flu ini. Namun tidakkah tambah baik bila kita menghindarnya.

Di tulisan kesempatan ini saya juga akan coba membuat panduan jauhi flu dari dr. Ryan Thamrin (host Dr. Oz Indonesia) yang sempat beliau berikan di acara Dr. Oz Transtv.
Tersebut sebagian panduan untuk jauhi flu pada musim hujan :

1. Cuci Tangan Minimum Sepanjang 20 detik

Bagaimanapun tangan itu adalah sumber penyebaran. Banyak bakteri atau virus yang ada di tangan. Dengan membersihkan tangan minimum 20 detik dapat kurangi kemungkinan tertularnya penyakit flu ini.

2. Bersihkan Barang-Barang dengan Alkohol

Bila kalian ada di ruangan kerja, tak tidak sering kan ada rekan yang bersin atau batuk ditempat kerja kita. Nah kita tak tahukan, mungkin beberapa barang yang ada di meja kita terserang bakteri/virus itu. Dengan bersihkan beberapa barang dengan alkohol kita dapat meminimalkan penyebaran virus flu itu pada kita.

3. Tutuplah Hidung atau Mulut ketika Batuk

Untuk pasien yang telah tertular, sebaiknya tutup hidung/mulut dengan tisu saat bersin atau batuk. Ini mempunyai tujuan untuk kurangi penyebaran virus itu pada orang yang lain.

4. Janganlah Senantiasa Menyentuh Mulut serta hidung dengan tangan yang diragukan Kebersihannya

Baiknya tak senantiasa menyentuh mulut serta hidung dengan tangan yang diragukan kebersihannya, bagaimanapun tangan adalah tempat paling gampang terserang bakteri karna kita senantiasa tak sadar di tiap-tiap benda yang kita sentuh itu ada bakteri.

Tersebut sebagian panduan yang lain dari Dr William Bird (consultant of the Meteorological Office’s Health Forecast Unit) yang dilansir dari dailymail. co. uk :

1. Zinc serta Bawang Putih

Mineral Zinc dibutuhkan untuk menolong melawan pilek serta tingkatkan system kebal badan. Sumber makanan yang baik termasuk juga daging, tiram, telur, makanan laut, tahu serta gandum. Seng serta vitamin C adalah duo besar pembasmi dingin.
Bawang putih menolong memperingan yang dirasakan dada serta konsumsi sedikit bawang putih sehari-hari bisa kurangi frekwensi pilek serta flu.

2. Minum Banyak Air

Dokter merekomendasikan kalau kita minum sekitaran 8 gelas air satu hari untuk tetaplah sehat. Pakar rehidrasi Dr Susan Shirreffs berujar : ‘ air menolong peranan ginjal jalan dengan baik serta bersihkan racun yang terakumulasi pada badan.

3. Tidur Nyenyak

Minimnya tidur menjadikan kita lebih rawan pada infeksi, ujar Dr Byrd. Situasi hati akan memengaruhi kekuatan kita untuk melawan infeksi, serta bila Anda terasa tertekan, Anda semakin lebih jelek dibanding dengan saat Anda terasa tenang, bahagia serta enjoy, ‘ ujarnya.

Written by 

Related posts