Search

8 Cara Mengatasi Presbiopi Paling Efektif

AlikaNews.Com – Presbiopi biasanya dihadapi oleh manusia sebagai sisi sistem penuaan badan serta adalah satu diantara type cacat mata. Kehilangan kekuatan pandangan mata yang fokus disuatu benda jarak dekat dengan bertahap ini tidak cuma sering di kenal dengan arti presbiopi, namun juga mata tua. Beberapa orang dewasa yang usianya telah masuk 40 tahun juga akan mulai rasakan perubahan pada penglihatannya.

Bila 40 tahun yaitu umur dimana seorang mulai alami tanda awal presbiopi, jadi ketika umur masuk 65 tahun, keadaan ini akan lebih buruk. Karna umur yang selalu jadi bertambah, automatis lensa mata juga alami pengerasan serta fleksibilitasnya juga hilang. Lalu, bagaimana caranya menangani presbiopi agar mata yang tidak sekali lagi dapat konsentrasi bisa terbantu?

1. Kacamata
Untuk problem presbiopi atau mata tua, kacamata senantiasa jadi langkah perlakuan yang pastinya langsung terbayangkan serta terpikirkan oleh kita lainnya sebagai jalan keluar untuk menjauhi bahaya mata minus. Malahan pemakaian kacamata dipandang sebagai langkah yang aman dalam membantu pasien presbiopi. Di bawah ini yaitu 2 type kacamata yang peluang juga akan diresepkan pada pasien presbiopi sesuai sama keadaannya.

Kacamata Lensa Bifokal – Kacamata berlensa bifokal selama ini jadi langkah menangani problem mata tua yang termasuk juga paling umum dan sederhana. Lensa bifokal sendiri di ketahui terdiri jadi 2 sisi, yaitu sisi yang semakin besar berperan sebagai pengoreksi jarak pandangan, serta sisi sekundernya atau lebih kecil berperan sebagai penolong untuk dapat lihat dari dekat.
Kacamata Lensa Progresif – Untuk kacamata type ini, pada intinya peranannya sama sebagaimana lensa bifokal, cuma saja pada kacamata ini ada pencampuran sisi lensa yang dimaksimalkan untuk pandangan serta jarak dekat.
Meski kacamata dipandang simpel dalam mengoreksi pandangan pasien, problemnya yaitu performa dengan memakai kacamata memanglah dipandang kurang hingga ada sebagian orang pilih jalan yang lain.

2. Lensa Kontak
Untuk presbiopi, lensa kontak kadangkala jadi pilihan alternatif untuk mereka yang tidak menginginkan memakai kacamata. Lensa kontak di kenal jadi alternatif yang tambah baik dalam mendukung performa juga. Lensa kontak yang di tawarkan untuk pasien presbiopi sendiri di ketahui ada 2 type, yakni :

Lensa Kontak Multifokal – Peranan dari pemakaian lensa kontak multifokal pas serupa jika dibanding dengan kacamata bifokal. Lensa kontak ini didesain dengan maksud supaya pasien presbiopi bisa lihat dengan lebih terangnya dari beragam pojok. Alangkah sebaiknya bila pasien berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter agar dapat peroleh lensa kontak paling cocok.
Lensa Kontak Monovision – Lainnya multifokal, ada juga lensa kontak monovision dimana yang di tawarkan lebih pada resep yang tidak sama untuk tiap-tiap mata presbiopi karna terdiri jadi 2, yakni satu untuk pandangan jarak dekat serta satunya sekali lagi yaitu untuk pandangan jarak jauh. Untuk sebagian orang juga akan susah menyesuaikan dengan lensa kontak ini serta dengan lensa kontak ini dapat merubah persepsi kedalaman tersebut ketajaman visual.
Cuma saja, lensa kontak pada intinya hanya jalan keluar sedangkan untuk beberapa pasien presbiopi yang telah dalam keadaan yang serius dan memerlukan perawatan berkepanjangan. Walau ini jadi pilihan alternatif yang sering diambil, sekarang semakin banyak orang pilih perawatan permanen untuk mata mereka, yaitu lewat prosedur operasi.

3. Implan Lensa
Prosedur ini adalah langkah mengatasi presbiopi dengan pergantian lensa mata pada penderitanya. Pergantian lensa mata juga akan dikerjakan dengan lensa mata sintetis. Biasanya, pasien yang melakukan sistem ini dulunya telah sempat meniti bedah LASIK.

4. Monovision LASIK
Akar penyebabnya dari presbiopi memanglah tidak dapat diatasi dengan prima oleh LASIK, tetapi prosedur satu ini sekarang banyak diambil karna dapat menolong supaya keperluan Anda dalam penggunaan kacamata atau lensa kontak menyusut. LASIK sendiri adalah Laser-Assisted in situ Keratomileusis sebagai cara perbaikan kelainan mata paling popular ketika ini didunia.

Dokter spesialislah yang melakukan prosedur LASIK ini lewat pemakaian microkeratome atau laser. Monovision LASIK yaitu satu cara yang bisa diambil karna dapat mengoreksi mata yang alami problem rabun jauh, tetapi untuk melakukan perbaikan pandangan jarak dekat juga dapat pula dihandalkan.

Beberapa orang sekarang pilih Monovision LASIK sebagai aksi medis bedah koreksi mata serta perlu untuk diketahui juga kalau langkah ini yaitu yang dipakai paling banyak untuk pasien-pasien presbiopi. Karna dampaknya tambah baik daripada penggunaan kacamata serta lensa kontak, ini sebagai argumen untuk pasien presbiopi pilih jalur bedah.

 

5. Multifocal LASIK
Jika pada LASIK terlebih dulu, maksud paling utama yaitu untuk tingkatkan jarak pandangan cuma pada satu mata serta pada jarak yang dekat, Multifocal LASIK berlainan karna pada cara ini, juga akan terdapat beberapa zone daya yang di ciptakan pada permukaan kornea mata pasien agar kedalaman konsentrasi pandangan dapat pada jarak berapapun.

Dimaksud dengan juga arti PresbyLASIK, cara ini memanglah belumlah di setujui atau diresmikan oleh FDA, tetapi langkah tersebut masih dalam sistem uji klinis sampai ketika ini. Namun pada sebagian negara di ketahui kalau cara ini jadi malah telah ada yang di setujui. Jika memanglah telah pas umum nanti, cara aksi medis ini dapat dicoba untuk menangani presbiopi.

6. Inlay Kornea
Pada langkah menangani problem presbiopi, inlay kornea jadi satu diantara cara yang dapat juga diambil. Prosedurnya yaitu dokter memasukkan ring plastik yang ukurannya kecil pas pada pojok kornea mata semasing bagian agar lengkungannya dapat beralih. Pasien juga tidak butuh cemas juga akan prosedur ini sebab di ketahui kalau resikonya jadi tambah lebih kecil daripada sistem bedah mata yang lain.

7. Keroplasti Konduktif
Sistem ini pas banyak diambil sebagai jalan keluar perawatan presbiopi dimana dalam prosedurnya, ada penggabungan langkah dalam kirim gelombang radio pada tujuan ruang di kornea mata pasien. Langkah tersebut mempunyai tujuan untuk menjadikan bentuk kornea jadi lebih cocok, namun umumnya cuma juga akan dikerjakan pada satu mata. Problem mata yang lain yang dapat dikerjakan dengan cara ini yaitu astigmatisme serta keratoconus.

8. Olahraga Mata
Ada satu latihan mata yang disarankan oleh the American Vision Institute dimana latihan ini termasuk dapat menjadikan presbiopi menyusut dengan menyilangkan mata dan menjadikan konsentrasi pandangan ada pada ujung hidung. Selepas itu, teruskan dengan lihat benda pada jarak yang jauh serta konsentrasi pada benda itu.

Prosedur latihan ini dapat diulangi berbarengan dengan ketika Anda bernapas, mata lihat pada hidung saat menarik napas serta ketika mengembuskan napas dapat lalu mata berpindah ke benda yang jauh. Tetapi masih ada alternatif latihan beda, yaitu dengan memegang satu bahan bacaan 3 inci jauhnya dari muka dengan dibolak-balik, lalu tatapan atau pandangan Anda dapat diarahkan ke sekitaran menangkap tiap-tiap huruf pada ujar yang tercantum di bacaan itu.

Written by 

Related posts