Search

4 Bahaya Kerokan Bagi Kesehatan

AlikaNews.Com – Meskipun banyak orang mengetahui teknik pengobatan kerokan yang dikatakan mampu menghilangkan masuk angin dan pegal-pegal, banyak yang masih belum mengerti apa arti sebenarnya dari kerokan ini. Untuk lebih jelasnya berikut arti dari kerokan.

Kerokan merupakan satu pengobatan tradisional Jawa yang menggunakan media benda tumpul seperti koin mata uang, potongan jahe, batu giok atau benda lain berfungsi untuk menggosok daerah yang diinginkan terdiri dari punggung, dada, dan perut.

Efek Buruk Kerokan

1. Melebarkan Pori-Pori Kulit

Pada saat melakukan kerokan secara tidak langsung membuat permukaan kulit menjadi lebar dan terbuka. Dari dua hal tersebut harus dihindari karena membuat pori-pori kulit melebar sehingga bakteri dan virus mudah sekali masuk ke tubuh. Bahkan ada beberapa bakteri dan virus bisa masuk ke area peredaran darah. Jika tidak dipahami dan terus dilakukan dalam frekuensi tinggi dikhawatirkan akan mengganggu kelancaran aliran darah.

2. Membuat Ketagihan

Keinginan untuk melakukan kerokan ketika badan terasa tidak enak atau memunculkan gejala masuk angina ternyata tidak baik bagi kesehatan. Beberapa orang mengungkapkan bahwa setelah melakukan kerokan kondisi tubuh akan membaik, dari sinilah efek nyaman dan ketagihan muncul.

3. Mengakibatkan Stroke

Kondisi pembuluh darah yang mengalami pelebaran secara berkala membuat resiko terkena stroke semakin tinggi. Perubahan aliran darah dari kecil ke lebar secara tidak alami sangat merugikan kesehatan dalam jangka panjang, sehingga bisa menjadi pemicu terjadinya stroke.

4. Mengakibatkan Kontraksi Dini

Melakukan kerokan pada saat hamil dapat menimbulkan kontraksi dini dimana satu zat bernama Cytokines mampu melepas Prostaglandin yang menjadi pencetus kontraksi dini pada rahim. Zat Cytokines tersebut muncul karena efek dari inflamasi setelah melakukan kerokan. Maka dari itu bagi ibu hamil sangat tidak disarankan untuk melakukan kerokan karena memunculkan kontraksi dini yang sangat merugikan kesehatan janin. Tidak hanya itu saja, resiko kelahiran prematur juga semakin besar jika Anda melakukan kerokan semasa hamil.

Itulah beberapa fakta dan bahaya kerokan. Meskipun Anda melakukan kerokan setiap gejala masuk angina mulai dirasakan sebaiknya jangan dilakukan karena ada cara lain seperti mengkonsumsi minuman hangat atau obat. Selain itu melakukan upaya pencegahan jauh lebih baik dengan melakukan olahraga rutin dan menggunakan pakaian hangat saat cuaca dingin.

Written by 

Related posts