Search

5 Tips Merawat Telinga Anda

AlikaNews.Com – Langkah menjaga telinga dengan alami yaitu dengan hindari rutinitas jelek untuk telinga kita.

1. Rutinitas memakai earphone

Bila seorang dengarkan musik sangat kencang lewat earphone serta lebih dari 20 menit terlebih 30 menit, jadi lama kelamaan juga akan turunkan kekuatan pada pendengaran. Serta karena pemakaian kurun waktu lama mengakibatkan Timitus. Yaitu mengakibatkan kelelahan mental, depresi serta halusinasi.

Jadi pemecahannya, saat kita beraktivitas ini supaya telinga tak alami karena jelek yaitu sebagai tersebut.

  • Saat dengarkan musik jadi kita bisa mengatur batas volume maksimum yakni 60%. Jeda yang dikerjakan ketika istirahat dengarkan nada dari earphone yaitu tiap-tiap 15 menit pemakaian, saat untuk mengistirahatkan telinga dengan interval saat 5 menit.
  • Bila kita hindari kebisingan lingkungan dengan musik lewat earphone, jadi hal semacam ini juga akan mengakibatkan rusaknya telinga. Kemungkinan ini jadi dobel. Ini yaitu himbauan, makin mendengar di tempat bising jadi makin besar kerusakaannya.
    Sisi earphone yang tak dibikin bersih sendiri yaitu sarang kuman. Jadi mesti dibikin bersih untuk hindari infeksi. Kerjakan lewat cara melindungi kebersihan telinga luar serta bersihkan eraphone tersebut. Karna earphone juga jadi sarang kuman bila tak sempat di desinfektan.

2. Batas toleransi pendengaran pada beberapa pekerja dengan polusi nada yang tinggi

Tidak cuma problem media yang kita pakai untuk melindungi serta menjaga telinga, tetapi juga seorang butuh mengerti kesehatan telinga periode panjang. Lokasi-lokasi mempunyai kemungkinan kebisingan yang tinggi juga akan mengakibatkan rusaknya telinga dengan permanen. Tempat sebagaimana pabrik, bengkel, bandara, las serta yang lain.

Ada batas toleransi nada yang perlu kita jagalah, batas pendengaran manusia yaitu 85 desibel serta di atas 130 desibel dapat mengakibatkan tuli permanen. Suara-suara ini ditampilkan oleh halilintar, bom, meriam serta yang lain semacam. Hal yang juga penting pajanannya atau berapakah lama kita dikolasi itu.

Contoh di tempat dugem yaitu contoh tempat yang begitu jelek. Dari bagian nada speaker saja diprediksikan yaitu nyaris menjangkau 100 desible. Tak disarankan ada di sana 30 menit. Jika pajanan berlangsung dengan kerap, jadi bisa mengakibatkan telinga jadi congek.

Langkah Menjaga Telinga Yang Benar

Langkah menjaga telinga sisi dalam yang benar sebenarnya begitu gampang dikerjakan, serta tak butuh perlakuan spesial. Tersebut sebagian salah satunya.

1. Mewaspadai korek kuping

Hal yang butuh diwaspadai salah nya ialah korek kuping. Karna memiliki bentuk kecil jadi banyak yang memakai tanpa ada termonitor. Pakar THT tak menyarankan untuk bersihkan telinga memakai korek kuping. Contoh ketika memasukkan korek kuping serta masuk ke telinga. Banyak hal yang butuh diamati karna korek koping yaitu sebagai tersebut.

  • Pada intinya pada dinding telinga mempunyai beberapa sel rambut yang membawa getaran nada. Lalu ada kotoran terjadi serta dengan korek kuping mengakibatkan kotoran malah terdorong dalam. Ketika bersihkan telinga, kotoran dikorek korek yang menyebabkan mendorong kotoran telinga di mana banyak membawa bakteri atau jamur sampai pada akhirnya mendorong membran telinga.
    Kotoran terjadi, karna kotoran dari luar masuk dalam. Hingga untuk bersihkan telinga bisa lebih aman memakai tisu. Hal semacam ini untuk bersihkan telinga sisi luar, terkadang bersihkan telinga tak dapat termonitor dengan baik.
  • Peranan cara sebagaimana ini yaitu meminimalkan kotoran dari luar untuk masuk dalam telinga.
    Kemungkinan bersihkan telinga dapat beberapa macam, dari mulai infeksi pada saluran telinga serta dapat pula berlangsung tertusuknya gendang telinga serta mengakibatkan robeknya gendang telinga, hingga hal semacam ini mengakibatkan tuli, serta congek.
  • Kotoran dalam telinga sesungguhnya tak butuh dibikin bersih bila tak menghasilkan kotoran terlalu berlebih, karna telinga mempunyai mekanisme untuk bersihkan sendiri. Bila tak mengganggu peranan pendengaran jadi tidak butuh dicemaskan, tetapi bila mengganggu, dapat dibawa ke THT untuk dibikin bersih dengan higenis.
  • Telinga sesungguhnya bisa bersihkan diri serta untuk beberapa orang, telinga sesungguhnya tak butuh dibikin bersih. Hal paling baik yang bisa dikerjakan untuk telinga yaitu untuk tak memasukkan apapun di dalamnya yang lebih kecil dari lubang telinga.
  • Kotoran memanglah tak terjadi di bagian dalam dari saluran telinga, tetapi sisi luar kanal dekat pembukaan eksternal. Bila dilewatkan saja, kotoran telinga dengan alami bisa keluar dari telinga karena pergerakan rahang.

2. Menghindar pilek, karna bisa merambat jadi infeksi telinga pada anak

Batuk pilek pada anak yang lari dari tenggorokan ketelinga lebih cepat karna ada saluran yang ketelinga serta memiliki bentuk lebih pendek. Ada rutinitas kurang baik pada anak, banyak hal yang butuh di perhatikan salah satunya yaitu sebagai tersebut.

Pada anak yang tak minum ASI, serta lebih sukai minum susu dari botol khususnya sembari tiduran jadi ini bisa menyebabkan penyakit. Genangan susu ketika telah tak dikenyot menggenang leher mengakibatkan infeksi dari tenggorokan hingga ke telinga. Bila seseorang anak tak dapat terlepas dari botol jadi dapat diatasi dengan tempat 1/2 duduk.
Anak dengan keadaan anatominya yang lebih gampang terserang infeksi karna saluran dari tenggorokan ketelinga lebih pendek serta lebih datar. Bila ada masalah tak enak, ia juga akan memegang daun telinganya. Contoh ada serangan mendadak, ketika tidur menangis kesakitan mendadak.
Ketika berlangsung flu pada anak, biarlah pulih sendiri. Tetapi upayakan flu janganlah kepanjangan, langkah menghindarnya umpamanya, sebagaimana kamar anak janganlah sangat dingin. Kurun waktu 3 hari bila anak tak pulih dari flu jadi selekasnya hubungi dokter. Tonsil atau amandel pada anak jadi membesar mengisyaratkan makin berat infeksinya jadi warna juga akan semakin memerah.
Janganlah bersihkan telinga anak bila kita tak tahu bagaimana caranya yang benar.

3. Membiarkan air ketika mandi masuk ketelinga

Satu diantara contoh untuk bersihkan telinga bisa dengan membiarkan air masuk dalam telinga saat mandi. Bila masuk dalam telinga miringkan kepala untuk buang airnya. Hal semacam ini di sampaikan oleh Brett levin, seseorang pakar THT dari California. Tetapi yang butuh di pastikan yaitu airnya yang hangat saja. tak bisa memakai air dingin atau sangat panas, hal semacam ini bisa jadi penyebabnya vertigo.

4. Tak efisien memakai ear candle

Bila kesusahan dalam bersihkan kotoran telinga yang menganggu, jadi bisa menjumpai dokter THT untuk menolong keluarkan kotoran. Banyak yang kaget, karna ketika bersihkan kotoran telinga terdapat beberapa kotoran yang keluar termasuk juga ada serpihan rambut. Walaupun juga kotoran telinga begitu keras, tetapi hal semacam ini tak bisa dilunakkan dengan memakai baby oil saja. Dokter juga akan mengetahui langkah bersihkan telinga yang salah. Baik dikorek atau di ambil dengan tak alami.

Ear candle yaitu sebagaimana lilin, ada ujungnya sebagaimana satu lilin disulut api. Sementara ujung nya ialah untuk keluarkan kotorannya. Tetapi dokter menerangkan langkah tersebut tidak efisien. Hal semacam ini diterangkan oleh pakar THT, dr. Schnitman. lainnya tak berguna langkah tersebut juga beresiko. Baginya American Academy of Audiology yang membuat survey di Inggris menerangkan kalau banyak pakar THT yang alami cederaseperti terbakar. saliuran telinga tertutup, sampai infeksi saluran telinga yang menyebabkan kehilangan pendengaran sedangkan.

5. Banyak konsumsi konsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin D untuk telinga

Makanan dengan kaya vitamin D juga akan tingkatkan pendengaran. Karna vitamin D bertanggungjawab pada manusia untuk membuat tulang yang kuat pada telinga serta penyerapan kalsium. Kekurangan vitamin D mengakibatkan osteopenia untuk beberapa orang yang dewasa, yakni satu keadaan di mana tulang-tulang pada telinga bisa jadi mengeras serta berpori. Makanan yang memiliki kandungan vitamin D ini dapat diperoleh dari ikan tuna, hati, kuning telur sampai minyak ikan cod.

Written by 

Related posts