Search

7 Bahaya Lensa Kontak

AlikaNews.Com – Bahaya lensa kontak untuk mata belum juga banyak di ketahui oleh si pengguna lensa kontak tersebut. Ada yang memakai lensa kontak karna memanglah membutuhkannya atau sebagai pengganti kacamata, ada pula yang menggunakan lena kontak cuma untuk model semata. Benar-benar disayangkan bila menggunakan lensa kontak untuk mata cuma untuk tampak lebih model saja tanpa ada ketahui bahaya dari lensa kontak itu. Dapat kita saksikan kini ini, untuk membuat cantik bola matanya baik wanita ataupun lelaki banyak yang memakai softlens di ke-2 bola matanya. Banyak alur dari softlens yang memikat dengan dihiasi dengan beberapa warna yang menarik menjadikan siapapun jadi jatuh hati serta menginginkan menggunakannya.

Ketika ini ada beberapa jenis penyakit mata sebagian salah satunya yaitu minus, plus dan silinder hingga mesti menggunakan kacamata, Sebelumnya menggunakan softlens pengganti kacamata sebaiknya memperhitungkan baik serta buruknya dari softlens itu. Di bawah ini yaitu bahaya lensa kontak untuk mata yang perlu diwaspadai :

1. Iritasi serta Mata Merah
Untuk hindari bahaya minus tanpa ada kacamata beberapa orang menginginkan memakai softlens atau lensa kontak. Hal tersebut karena mereka terasa risih serta tak percaya diri bila mesti memakai kacamata yang mengganggu performa. Iritasi disebabkan oleh ada benda asing yang melekat di bola mata serta mengakibatkan iritasi. Mata merah serta kering banyak juga dihadapi oleh orang yang alami iritasi karena softlens. Oleh karenanya orang yang menggunakan softlens diharuskan untuk membawa tetes mata spesial lensa kontak supaya matanya tak jadi kering.

2. Infeksi
Pemakaian softlens umumnya dipakai untuk kurangi tanda mata minus tanpa ada memakai kacamata. Sayangnya pemakaian softlens yang salah serta tak tahu langkah merawatnya malah juga akan menjadikan pemakainya alami beragam jenis problem mata. Bila mata cuma alami iritasi, bola mata tak juga akan alami problem sepanjang iritasi itu dapat diatasi. Tetapi bila kasusnya telah jadi infeksi mata jadi juga akan menyebabkan sisa luka di kornea mata. Karna infeksi yang berlangsung itu umumnya menyerang retina. Infeksi itu juga mengakibatkan rasa gatal sebab kuman sudah masuk kedalam kornea mata hingga juga akan begitu bahaya mengucek mata memakai tangan anda yang kotor. Kuman serta bakteri juga akan makin berkembangbiak didalam mata.

3. Leukoma
Efek berat dari pemakaian lensa kontak yang telah terinfeksi yaitu alami leukoma. Leukoma adalah ada becak putih sebagaimana porselen yang berada di dalam kornea mata. Leukoma itu adalah efek karena infeksi yang berada di mata serta disebabkan oleh softlens.

Bercak putih sebagaimana kilau proselen dari terlalu jauh itu juga akan berada di satu diantara kornea atau di ke-2 kornea mata. Keluarnnya leukoma di kornea mata dapat mengakibatkan masalah padangan pada pasien.

4. Nebula
Karena enteng dari infeksi mata yang disebabkan oleh softlens yaitu nebula. Umumnya infeksi itu berada di kornea mata hingga nebula akan menyerang mata. Nebula ini berlainan dengan leukoma, ketidaksamaannya yaitu leukoma dapat tampak dari jarak jauh sementara nebula kekeruhan korneanya dapat diliat dari jarak dekat.

5. Konjungtivitis
Bahaya lensa kontak untuk mata setelah itu yang pas perlu yaitu terjadinya konjungtivitis. Karena yang lain dari softlens mata yaitu terjadinya konjungtivitis. Penyakit ini adalah timbulnya peradangan di konjungtiva yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus yang berada di softlens itu atau karna tangan yang dipenuhi dengan bakteri serta kuman. Peradangan yang berlangsung pada pasien konjungtivitis berada di selaput lendir mata, mengakibatkan mata jadi bengkak malahan dapat hingga terserang rusaknya kornea mata. Tanda paling utama yang juga akan dihadapi orang yang alami penyakit ini yaitu ada rasa mengganjal sebagaimana kemasukan benda asing di mata, sekitaran mata sakit, pembengkakan pada mata dan timbulnya rasa gatal di mata.

6. Mengakibatkan Ulkus Kornea
Tahukah anda apakah itu ulkus kornea?, ulkus kornea adalah diketemukannya luka terbuka pada kornea yang berada di susunan terluar. Hal semacam ini dapat berlangsung pada seorang yang memakai lensa kontak selama seharian atau lebih dari dari batas saat penggunaan lensa kontak mata. Orang yang mengalami ulkus kornea tak bisa lihat matahari dengan langsung sebab bahaya lihat matahari langsung untuk pasien ulkus kornea yaitu juga akan menyebabkan mata jadi nyeri tidak tertahankan.

7. Bentuk Bola Mata Berubah
Orang yang menggunakan lensa kontak kurun waktu yang lama serta menempel erat di kornea dapat mengakibatkan bentuk bola mata beralih mirip bentuk softlens yang dipakai. Hal tersebut karena selepas berulang-kali pemakaikan lensa kontak, lensa itu malah kehilangan bentuk aslinya. Saat dipakai kembali bentuk lensa kontak yang kehilangan bentuk aslinya malah juga akan memengaruhi bentuk bola mata yang berada di pada badan manusia.

Written by 

Related posts