Search

Penyebab Mudah Pikun dan Tips Agar Tidak Mudah Pikun

AlikaNews.Com – Tiap-tiap individu pastinya akan alami masa tua. Saat individu masuk masa tua, dengan automatis system dalam diri individu juga akan menyusut termasuk juga daya fikir individu itu. Begitu semuanya juga juga akan melemah, termasuk juga dari ketahanan badan, daya kemampuan fisik, dan daya untuk berpikir. Pada saat tua, daya berpikir makin lama makin menyusut serta makin melemah. Hal semacam ini mengakibatkan pada saat tua umum berlangsung kepikunan. Lalu bagaimaana supaya di masa tua tak gampang pikun? Sesungguhnya memanglah telah sewajarnya di masa tua jadi pikun, karna perubahan pada diri individu juga telah menyusut. Namun ada langkah bagaimana supaya dimasa tua tak gampang pikun.

Penyebabnya kepikunan tersebut :

1. Otak pasif
Pada saat tua, otak tak bisa pasif. Sebagaimana perihal kenapa dimasa muda ingatan masih top cer. Hal semacam ini karena di masa muda otak senantiasa dipakai untuk berpikir di mana system kerja otak senantiasa berkerja dengan baik. System otak yang bekerja dengan baik di masa muda ini menjadikan tiap-tiap kesibukan jadi gampang teratasi. Tetapi makin lama, penurunan system kerja pada seorang dewasa menjadikan otak jadi alami penurunan daya ingatnya. Terlebih saat otak pasif serta tak punya kebiasaan dipakai untuk berpikir, tentunya otak juga akan susah bekerja. Tidak cuma di masa tua, di masa muda juga kepikunan dapat berlangsung jika otak dilewatkan pasif.

2. Saat tidur tak terpenuhi
Saat tidur pada saat muda yang tak terpenuhi menjadikan jaringan otak melemah dalam bekerja. Hingga jaringan itu jadi rusak serta tak dapat bertahan dengan baik di masa tua yang mengakibatkan jadi gampang lupa. Tidak cuma kurang tidur di masa muda, dimasa tua juga kadangkala beberapa lanjut usia susah untuk tidur, hingga kepikunan beberapa lanjut usia ini jadi jadi kronis.

3.Stress
Stres, menjadikan system pada syaraf otak tertekan serta menjadikan tubuh jadi tak sehat. Dengan biologis semuanya sisi sama-sama terkait dari mulai otak hingga dengan organ badan. Otak jadi satu diantara system pusat kerja organ badan yang lain, serta saat organ badan terluka jadi juga akan menyebabkan desakan juga di otak. Dengan sangat banyak desakan yang berada di otak, jadi begitu jaringan-jaringan syaraf di otak juga akan susah untuk bekerja. Baginya psikologis, apa pun yang tengah menonjol ketika itu (menjadikan fikiran stress) menjadikan beberapa hal yang sempat berlangsung lainnnya jadi terlupakan. Jika ini terus-menerus berlangsung, bukanlah tak mungkin saja kepikunan akan tiba.

4. Fisik terganggu
Arti dari fisik terganggu ini yaitu masalah amnesia (contoh) umumnya orang yang terserang masalah amnesia ini dikarenakan oleh jaringan yang tak sesuai sama di otak. Hal itu menjadikan beberapa hal yang juga akan diingat di masa datang jadi susah karna jaringan otak telah terganggu.

5. Sangat repot serta berlebihan
Memanglah otak mesti dilatih bekerja terus-terusan hingga otak tak jadi pasif, namun buakn bermakna sangat repot serta terlalu berlebih, karenanya malah juga akan mengakibatkan kerusakan sistem jaringan otak, yang di mana itu juga akan mengakibatkan stress, malahan pada penjelasan terlebih dulu telah diterangkan kalau stress menjadikan gampang pikun.

6. Mengkonsumsi alkohol serta narkoba
Alkohol serta narkoba tidak cuma mengakibatkan kerusakan system syaraf serta system jaringan pada badan, namun dapat juga menjadikan pikun. Hal semacam ini karena sebab alkohol serta narkoba mengakibatkan kerusakan system syaraf jaringan pusat pada otak hingga kekuatan untuk mengingat akan terganggu.

Tersebut sebagian aspek yang mengakibatkan seorang jadi gampang pikun di masa tua. Jika di masa tua otak telah tak kerap dipakai atau pasif, tentunya pada saat itu otak juga akan jadi terhalang kerjanya. Karna otak tak dibiasakan untuk bekerja hingga kerja otak untuk mereview beberapa hal yang telah berlangsung jadi susah.

Langkah Supaya Tak Gampang Lupa atau Pikun

Penyebabnya kepikunan diatas sesungguhnya bisa dikerjakan dengan membiasakan hidup sehat di masa mudanya. Mengenai caara supaya tak gampang pikun di masa tua yaitu sebagai tersebut :

1. Kerjakan latihan dengan senam otak
Latihan senam otak ini dibutuhkan supaya tak cepat pikun, karna dengan membiasakan senam otak bermakna membiasakan otak itu senantiasa bekerja. Begitu banyak macam untuk lakukan senam otak, sebagaimana latihan konsentrasi (tangan kanan kelingking, tangan kiri jempol, lalu di geser bertukaran dari lambat makin cepat, serta makin cepat, lalu melambat sekali lagi). Lainnya berperan supaya tak cepat pikun, senam otak ini dapat juga melatih konsentrasi.

2. Mengkonsumsi beberapa makanan pemasok gizi untuk otak
Jika semenjak muda telah punya kebiasaan untuk konsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak gizi, jadi otak – khususnya jaringan pada otak – selalu terbangun dengan baik. Sebagian jaringan juga akan tetaplah kuat serta bekerja dengan baik hingga saat tua juga otak tetaplah terbangun serta tak gampang lupa.

3. Mengkonsumsi air putih yang cukup
Air putih memanglah telah diakui untuk melindungi kesehatan, malahan tidak cuma kesehatan saja, namun dengan juga kecantikan. Demikian halnya untuk otak, air putih ini sangat berguna. Air putih ini berguna juga untuk melindungi serta memenuhi cairan yang berada di otak, hingga otak senantiasa terbangun serta cairan yang diperlukan otak juga akan terpenuhi.

4. Biarlah otak istirahat
Janganlah membiasakan otak senantiasa berusaha keras. Berilah saat istirahat sebagian ketika untuk otak supaya otak mempunyai peluang untuk merilekskan system jaringan otak itu. System jaringan otak yang tak terus-menerus bekerja menjadikan otak jadi tetaplah sehat. Jika otak sehat serta senantiasa terbangun, besar peluang di masa tua otak juga akan dapat berperan dengan baik. Jika di masa tua otak masih berperan baik jadi kepikunan dapat juga dijauhi.

5. Biarlah otak mempunyai saat rileks
Saat santai untuk otak benar-benar sangat perlu. Waktu-waktu yang bagus untuk merilekskan otak yaitu pada malam hari saat juga akan tidur serta pada pagi hari. Merilekskan otak dapat juga dikerjakan dengan hirup udara fresh pada pagi hari. Menghiruo udara fresh pada pagi hari menjadikan otak bisa terima oksigen yang masih murni karna udara belum juga tercemar sebagaimana pada saat sang hari. Otak yang memperoleh supply oksigen dengan baik juga akan terasa santai serta bisa kurangi efek kepikunan di masa tua.

6.Lakukan mengasah otak
Asah otak begitu dibutuhkan untuk membiasakan otak untuk selalu berpikir serta tak pasif. Terdapat beberapa langkah untuk mengasah otak, dari mulai kerjakan bebrapa masalah yang enteng sebagaimana logika penalaran kehidupan, misalnya yaitu kerjakan masalah Tes Pendalaman Akademik. Asah otak dapat pula dengan kerjakan bebrapa masalah yang lain, missal tes kepribadian serta beda sebagainya. Atau mungkin dengan memainkan kubus balok (rubik). Dengan kerjakan tes-tes seperti itu otak juga akan punya kebiasaan untuk berpikir.

6. Lakukan mereview beberapa hal yang sempat terjadi
Mereview peristiwa yang sempat berlangsung adalah langkah yang efisien untuk melatih otak ambil beberapa hal yang telah terpendam dalam otak. Sebagaimana dalam psikologi kalau ada dua masalah dalam lupa, yakni lupa karna ada beberapa hal anyar yang menutupi hal yang lama hingga hal yang lama itu tak bisa diingat dengan baik. Serta yang ke-2 demikian sebaliknya. Hal yang lama menutupi kekuatan otak untuk memperoleh pengalaman yang anyar atau satu hal pengetahuan yang anyar karna ada hal yang lama yang menonjol hingga menutupi kekuatan untuk berpikir serta mengingat suatu hal. Dengan membiasakan meriview hal yang berguna yang telah sempat berlangsung malah juga akan melatih otak untuk lakukan pengingatan kembali. Pada ketika tersebut otak juga akan punya kebiasaan untuk mengingat beberapa hal yang telah lampau. Hingga juga akan terlepas dari kepikunan yang juga akan menyerang saat individu telah tua.

Written by 

Related posts