Search

10 Tips Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

AlikaNews.Com – Kerjakan atau tekuni satu hal tentu memerlukan konsentrasi. Tingkat konsentrasi yang rendah juga akan mengakibatkan pekerjaan yang ditelateni tak cepat usai serta memberi hasil yang tak maksimal. Bila Anda alami keadaan saat susah untuk berkonsentrasi jadi sebaiknya lakukan sebagian cara di bawah ini supaya konsentrasi kembali bertambah.

1. Sediakan Saat Spesial untuk Melamun

Cara yang pertama ini mungkin saja terlihat asing serta mungkin menjadikan Anda sangsi untuk coba. Tahukah Anda kalau satu diantara hal yang bisa mengakibatkan konsentrasi buyar yaitu saat melamun. Melamun menjadikan fikiran jadi tak konsentrasi pada pekerjaan yang semestinya selekasnya dikerjakan. Bila Anda kerap diganggu dengan rutinitas melamun ketika tengah bekerja, jadi sebaiknya untuk menyempatkan diri spesial untuk melamun. Umpamanya saja saat juga akan tidur. Melamun ketika akan tidur malah juga akan menolong otak untuk beristirahat hingga badan juga merasa lebih santai.

2. Istirahat Tiap-tiap Satu Jam

Bila kebiasaan sangat repot, tak ada kelirunya beristirahat paling tidak sepanjang 5 menit tiap-tiap satu jamnya. Memaksa otak terus-terusan bekerja malah juga akan membuatnya bekerja dengan tak maksimal. Jadi, mengistirahatkan sesaat juga lakukan relaksasi enteng juga akan membuat lancar peredaran darah dan supply oksigen ke otak hingga konsentrasi juga akan kembali bertambah. Bila butuh, dapat pula jalan keluar ruang atau sebatas berhenti dari kebiasaan kerja yang tengah Anda kerjakan sesaat. Cara itu juga akan kembalikan vitalitas otak hingga konsentrasi malah bertambah dengan siginifikan.

3. Kerjakan Kesibukan yang Bisa Tingkatkan Supply Oksigen ke Otak

Kekurangan supply oksigen juga akan menjadikan kemampuan otak tak maksimal. Bila Anda mempunyai kebiasaan harian yang mengharuskan duduk selama seharian, jadi dapat lakukan sebagian kesibukan enteng supaya peredaran darah lebih lancar. Umpamanya saja sebatas jalan-jalan merubah tempat duduk, atau malahan berbaring bila sangat mungkin. Atau bila hal itu tak dapat dikerjakan, jadi dapat menggantinya dengan lakukan beberapa gerakan kecil ditempat duduk. Jangan sampai membiarkan badan Anda duduk selama seharian. Keadaan itu juga akan menyebabkan supply darah yang membawa oksigen ke otak hingga konsentrasi akan bertambah.

4. Pakai Tehnik Laba-laba

Pikirkan atau cermatilah saat laba-laba menjadikan sarangnya. Saat membuat sarangnya, laba-laba tak sempat perduli dengan lingkungannya. Tak tahu pada situasi di sekelilingnya atau pada beragam nada yang mungkin mengganggunya. Sebagaimana apa pun situasi lingkungannya, laba-laba juga akan tetaplah meneruskan membuat sarangnya. Cara tersebut yang perlu Anda contoh. Berusahalah untuk tetaplah konsentrasi pada apa yang tengah ditangani. Janganlah hiraukan beberapa hal kecil yang tak perlu di sekitaran. Upayakan supaya beberapa hal kecil itu tak memecah konsentrasi dan konsentrasi Anda.

5. Kerjakan Suatu hal dalam Satu Saat Sampai Selesai

Ketika kerjakan suatu hal, berusahalah untuk kerjakan pekerjaan itu sampai usai pada ketika itu juga. Tunda pekerjaan malah juga akan menjadikan keadaan fikiran tak konsentrasi. Lakukan untuk tak multitasking atau lakukan sebagian pekerjaan dalam satu saat. Rutinitas multitasking menuntut konsentrasi tingkat tinggi yang malah juga akan kuras banyak daya otak. Riset juga menunjukkan kalau rutinitas multitasking juga akan turunkan daya ingat dan konsentrasi. Membiasakan diri untuk konsentrasi pada satu type pekerjaan dalam satu saat juga akan menghindari diri pada beragam type masalah di sekitaran. Akhirnya, pekerjaan yang tengah Anda lakukan juga hasilkan suatu hal yang maksimal.

6. Meditasi

Meditasi yaitu cara efisien setelah itu untuk tingkatkan konsentrasi. Beberapa orang yang kerap menyalahartikan meditasi dengan mengosongkan fikiran. Kenalilah, meditasi tak dikerjakan lewat cara mengosongkan fikiran. Meditasi dikerjakan lewat cara memusatkan fikiran pada satu hal. Punya kebiasaan lakukan meditasi juga juga akan membiasakan fikiran Anda selalu untuk konsentrasi. Lainnya tingkatkan konsentrasi, meditasi akan memberi relaksasi alami pada badan hingga stres bisa dijauhi.

7. Lakukan Suatu hal di Meja Kerja

Sebagian type kesibukan yang membutuhkan konsentrasi tinggi baiknya Anda kerjakan di meja kerja atau di meja belajar. Sebagian orang kerap beraktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi ditempat tidur. Malahan beberapa hal kecil sebagaimana membalas e-mail mesti Anda kerjakan di meja kerja atau meja belajar. Yakinkan lakukan beberapa jenis pekerjaan tersebut di tempat yang memanglah telah semestinya dan kondusif. Lakukan pekerjaan yang memerlukan konsentrasi tinggi ditempat tidur malah juga akan membuyarkan konsentrasi. Malahan dengan psikis mungkin tempat tidur juga akan memberi godaan untuk Anda untuk tunda pekerjaan yang tengah ditelateni ketika itu.

8. Meningkatkan Alur Hidup Sehat

Kemampuan otak kita begitu di pengaruhi oleh supply darah yang membawa oksigen ke otak. Gaya hidup tak sehat juga akan mengakibatkan aliran darah ke semua badan, termasuk juga ke otak juga akan terganggu. Mengakibatkan konsentrasi juga akan alami penurunan. Bila menginginkan konsentrasi bertambah, terapkanlah gaya hidup sehat, sebagaimana dengan olahraga teratur, istirahat pas, dan konsumsi makanan yang memiliki nutrisi. Mengaplikasikan gaya hidup sehat, adalah langkah tingkatkan konsentrasi malahan sampai umur Anda sudah imbuh.

9. Mencari Situasi Anyar serta Liburan

Beraktivitas maupun kebiasaan yang sama sehari-hari juga akan turunkan konsentrasi dengan penting. Bila Anda yaitu pekerja kantor yang sangat repot dengan kebiasaan yang sama sehari-hari jadi sebaiknya ambil cuti untuk liburan. Jika butuh datangilah beberapa tempat anyar hingga Anda juga akan mempunyai pengalaman anyar yang mengesankan. Liburan dan mencari situasi anyar juga akan beri kesegaran fikiran, hingga konsentrasi dan mood juga akan lebih baik.

10. Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Omega 3

Asam docosahexaenoic acid (DHA) adalah komponen omega 3 yang baik untuk melindungi kesehatan otak. Malahan, komponen itu juga kerap dimaksud sebagai “makanan” otak. Sebagian type makanan yang memiliki kandungan omega 3 sebagaimana salmon, sarden, telur, serta minyak ikan juga akan tingkatkan daya ingat dan konsentrasi Anda.

Written by 

Related posts