Search

6 Penyebab Kaki Bau Setelah Pakai Sepatu

AlikaNews.Com – Baik itu lelaki ataupun wanita tentu sempat alami kaki bau selepas gunakan sepatu yang dapat begitu menganggu penciuman sendiri serta orang yang lain. Bau kaki, bau mulut serta bau tubuh yaitu tiga hal yang juga akan keduanya sama menjadikan rasa yakin diri seorang alami penurunan. Untuk ketahui apa sajakah penyebabnya kaki bau selepas gunakan sepatu serta ara mengatasinya, penjelasan kesempatan ini sangkanya bisa memberikan inspirasi.

1. Bakteri
Penyebabnya paling utama dari bau kaki setelah gunakan sepatu yaitu ada bakteri yang bersarang di sepatu serta permukaan kulit kaki kita. Keringat yang ada pada kaki Anda juga akan dikonsumsi oleh bakteri yang serta lalu zat asam juga di produksi juga hingga mensupport penebaran bau tak sedap yang kita kenal dengan bau kaki. Hal semacam ini dapat berlangsung saat seorang kurang konsentrasi bersihkan sisi kaki dengan cermat.

2. Tingginya Kelenjar Keringat
Bau kaki juga tak terlepas dari yang namanya kelenjar keringat serta perlu untuk diketahui kalau tingkat ketinggian kelenjar keringat pada satu sisi badan dengan sisi badan yang lain tidak sama. Umumnya sisi kaki yaitu sisi badan dengan kelenjar keringat paling banyak. Pada intinya, keringat yang berada di kaki tidak keluarkan bau tidak sedap, tetapi dapat menyebabkan keluarnya bau, sebagaimana yang disibakkan oleh American Chemical Society. Jadi, bau yang tak enak dapat keluar bila kaki sangat lama berkeringat hingga bakteri temukan peluang untuk menelan keringat itu.

3. Pemakaian Kaos Kaki
Sebagian orang yakin kalau kenakan kaos kaki bisa kurangi resiko bau kaki serta oleh oleh karena itu banyak yang merekomendasikan untuk menggunakan kaos kaki sebelumnya kenakan sepatu tertutup. Cuma saja sebenarnya malah kaos kaki tidaklah penolong yang baik. Bau kaki bisa terwujud meskipun ketika Anda menggunakan kaos kaki karna kulit kaki jadi susah bernapas karena kekurangan ruangan. Keadaan kaki yang tertutup serta pada akhirnya berkeringatlah yang juga akan menambah resiko bau kaki keluar dimana sekalinya kaos kaki di buka bau juga akan makin menyengat.

Pemakaian kaos kaki dengan bahan yang salah dapat juga jadi penyebab paling utama bau kaki dimana kaos kaki yang baik serta dapat menyerap keringat yaitu yang memiliki bahan katun. Pemakaian kaos kaki sepanjang sekian kali walaupun telah lembab serta berkeringat akan menyebabkan bau kaki tidak sedap dengan terus-menerus serta malahan dapat semakin kronis. Ganti kaos kaki setiap saat setelah digunakan yaitu langkah yang simpel menghindar bau kaki.

4. Lembab
Kaki yang dalam situasi basah lalu kenakan sepatu, terutama sepatu tertutup dengan langsung tak juga akan baik. Kaki yang lembab juga akan menjadikan bakteri lebih gampang dalam mencari tempat untuk sarang mereka baik di permukaan kulit kaki ataupun dibagian sepatu. Tak tahu karna keadaan kulit kaki yang basah karna air atau karna keringat yang terus-menerus, dasarnya kaki juga akan jadi gampang lembab hingga perihal ini pula yang malah menolong perkembangbiakkan bakteri di kaki serta sepatu.

Saat bakteri semuanya berkumpul, gas yang baunya menyengat juga juga akan dibuat hingga aroma kaki juga jadi tak sedap. Juga penting untuk Anda ketahui ada 3 type kotoran atau gas berbau menyengat yang di keluarkan oleh bakter, yakni :

– Isovaleric acid
– Methanethiol
– Propanic acid

Isovaleric acid juga akan hasilkan aroma tengik seperti aroma cuka dan aroma yang serupa sebagaimana keju. Sementara methanethiol juga akan menjadikan bau kaki jadi sebagaimana keju serta belerang yang pasti kombinasi bau ini juga akan begitu mengganggu ; bau itu dibuat oleh kulit mati pada kaki Anda. Sedangkan untuk propanic acid, bau yang dibuat pada kaki juga akan kecut.

5. Tidak sering Membersihkan Kaki
Bau kaki bisa jadi makin kronis saat Anda tak rajin bersihkan atau membersihkan kaki Anda. Pola hidup sebagaimana ini begitu tak sehat, terlebih bila Anda punya kebiasaan kenakan sepatu tertutup serta kaos kaki sepanjang hari lalu tak bersihkan kaki sekalipun atau membersihkan kaki cuma dengan sabun umum. Keringat juga akan tetaplah melekat dibagian kaki jika Anda tak memakai sabun antibakteri. Tidak cuma keringat yang juga akan penuhi kaki Anda, tetapi keringat itu juga akan bercampur dengan bakteri hingga bau kaki juga akan semakin serius serta menyengat.

6. Tidak sering Membersihkan Sepatu
Beberapa orang begitu malas serta tidak sering membersihkan sepatu mereka walaupun menggunakannya sehari-hari. Jadi janganlah heran jika kaki juga pada akhirnya keluarkan bau tidak sedap karna bau kaki mungkin saja karena bau pada sepatu. Sepatu dapat jadi sarang bakteri jika tak sempat dicuci atau dibikin bersih yang berimbas pada kaki yang gampang jadi bau. Hal semacam ini juga akan diperparah jika Anda tidak sering membersihkan kaki serta membersihkan sepatu dimana bau jadi makin menyengat.

Written by 

Related posts