Search

8 Tips Efektif Meningkatkan Elektrolit Tubuh

AlikaNews.Com – Badan kita membutuhkan cairan elektrolit untuk penuhi keperluan cairan badan. Elektrolit adalah cairan badan dan mineral dalam darah yang begitu dibutuhkan badan untuk lakukan beragam kegiatan sebagaimana mengatur kandungan air, melindungi keseimbangan PH badan, dan bertindak perlu dalam peranan otot. Cairan elektrolit pada badan ada beragam jenis sebagaimana kalsium, klorida, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan garam termasuk juga klorida, bikarbonat serta fosfat.

Badan Kehilangan Elektrolit

Badan kita juga akan kehilangan cairan elektrolit lewat keringat dan urine. Jadi untuk ganti cairan elektrolit badan yang hilang kita dapat menggantinya dengan makanan, minuman atau vitamin. Badan kita bila kehilangan cairan elketrolit jadi juga akan alami masalah kesehatan. Keseimbangan elektrolit didalam serta di luar badan mesti selalu dijaga supaya seimbang. Bila keseimbangan pada elektrolit didalam serta di luar sel badan terganggu jadi juga akan menyebabkan masalah yakni sel badan juga akan alami dehidrasi (kehilangan cairan). Kehilangan cairan badan yang sangat kronis juga akan dapat menyebabkan rusaknya malahan kematian sel badan. Sebagian elektrolit yang ada di dalam sel badan sebagaimana kalium, magnesium, serta fosfat. Sedangkan elektrolit yang ada di luar sel badan sebagaimana natrium, kalsium klorida serta bikarbonat.

Elektrolit badan haru tetaplah seimbang supaya tak berlangsung masalah didalam kesehatan badan anda. Ada banyak hal yang bisa jadi penyebabnya terganggunya keseimbangan elektrolit badan yakni sebagaimana sangat banyak minum, pemakaian obat yang berbentuk laktasit serta diurit, olahraga atau kegiatan fisik yang berat. Sangat banyak minum air putih juga akan mengganggu keseimbangan elektrolit pada badan. Sampai kini yang kita kenali kalau disarankan untuk banyak konsumsi air putih, namun nyatanya sangat banyak air putih juga tak baik untuk keseimbangan elektrolit pada badan. Hingga kita disarankan untuk minum air putih dalam jumlah yang pas. Minum air putih sangat banyak juga akan mengakibatkan frekwensi untuk buang air kecil semakin lebih kerap. saat kita buang air kecil sangat kerap, jadi cairan elektrolit yang turut terbuang bersama urine juga akan makin banyak. Hingga menyebabkan pada badan yakni keseimbangan cairan elektrolit juga akan terganggu. (bacalah juga : bahaya karena kurang minum air putih)

Karenanya kita butuh untuk tingkatkan cairan elektrolit pada badan kita bila hingga berlangsung kekurangan elektrolit badan. cara-cara yang bisa dikerjakan untuk tingkatkan cairan elektrolit pada badan yakni sebagai tersebut :

1. Minum air putih seperlunya (tak bisa terlalu berlebih)
Minum air putih lewat cara terlalu berlebih atau lebih dari jumlah yang diperlukan badan jadi malah juga akan mengakibatkan cairan elektrolit pada badan juga akan menyusut. Jadi janganlah minum air putih lebih dari 800 ml air /jam. Karna bila terlalu berlebih dalam minum air putih cairan elektrolit juga akan makin banyak yang turut keluar dari badan lewat urine, karna makin banyak minum juga akan makin kerap buang air kecil hingga makin banyak cairan elektrolit badan yang terbuang bersama urine.

2. Minuman olahraga
Bila anda termasuk juga orang yang kerap lakukan olahraga atau lakukan kegiatan fisik yang berat hingga keluarkan banyak keringat, jadi cairan elektrolit pada badan anda juga akan makin banyak yang keluar bersama keringat. Untuk ganti cairan elektrolit yang hilang jadi anda dapat konsumsi minuman olahraga. Namun minuman olahraga ini tak baik bila dikonsumsi pada seorang yang tak keluarkan keringat karna memanglah minuman ini untuk menukar cairan elektrolot badan yang hilang karna keluar bersama keringat.

3. Makan buah serta sayur
Buah serta sayur memiliki kandungan banyak sodium yang baik untuk tingkatkan cairan elektrolit pada badan. secangkir juz sayuran memiliki kandungan sodium sejumlah 500 mg. Sayuran yang memiliki kandungan banyak sodium sebagaimana wortel seledri, cardon (sayuran Italia), ubi jalar, bayam. Sementara buah-buahan yang memiliki kandungan banyak sodium yakni sebagaimana apel, jambu biji, dan markisa.

4. Konsumsi daging
Daging sapi juga adalah sumber makanan yang memiliki kandungan sodium yang bisa tingkatkan cairan elektrolit badan. Bila anda sulit untuk konsumsi buah serta sayur jadi anda bisa konsumsi daging sapi sebagai alternatif beda. daging sapi termasuk juga sumber dari protein hewani hingga begitu baik untuk kesehatan badan. Mengkonsumsi daging sapi dapat juga dengan alternatif makanan olahan sebagaimana sosis daging sapi, bakso daging sapi atau pizza yang memiliki kandungan banyak daging sapi. Namun untuk memperoleh hasil yang tambah baik yakni konsumsi daging sapi asli serta fresh, bukanlah makanan yang telah berupa olahan.

5. Konsumsi minuman isotonik
Minuman isotonik telah banyak di produksi oleh beragam perusahan serta untuk memperolehnya jadi sanagt gampang karean kini telah banyak merk product minuman isotonik. Minuman isotonik ini populer ampuh untuk ganti cairan isotonik yang hilang di dalam badan. dalam pilih minuman isotonik kita mesti waspada karna banyak pula minuma isotonik yang memiliki kandungan bahan kimia beresiko. Pastikan minuman isotonik yang tak banyak terkandung bahan kimia hingga cairan elektrolit badan dapat tercukupi dan badan terlepas dari dampak negatif bahan kimia.

6. Konsumsi air kelapa
Bila anda menginginkan ganti cairan elektrolit badan yang hilang jadi minuman yang pas serta alami yakni air kelapa. Lainnya itu air kelapa tak memiliki kandungan bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan badan hingga aman untuk dikonsumsi. Air kelapa lainnya berguna untuk menukar cairan elektrolit badan yang hilang juga memiliki banyak faedah untuk badan kita sebagaimana menyingkirkan sebagian toksin yang ada pada badan kita karena sangat banyak konsumsi makanan paket, hingga badan kita juga akan bersih dari racum-racum itu.

7. Konsumsi buah pisang
Buah pisang nyatanya dapat juga tingkatkan cairan elektrolit yang ada di dalam badan kita. Buah pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Selepas lakukan kegiatan berat jadi konsumsilah buah pisang satu hingga dua buah untuk ganti kalium badan yang hilang.

8. Konsumsi keju
Keju adalah makanan yang lezat lainnya itu nyatanya keju dapat ganti cairan badan yang hilang. Dalam 100 gr keju memiliki kandungan 215 mg sodium. Keju bis dikonsumsi dengan memberikan pada beragam menu makanan sebagaimana sarapan roti tiap-tiap pagi, memberikan pada roti donut, kue atau type makanan beda yang disenangi.

Written by 

Related posts