Search

13 Bahaya Asap Roko Bagi Kesehatan

AlikaNews.Com – Di Indonesia rokok diketemukan oleh Haji Jamahari yang meramu tembakau dengan cengkeh pada tahun 1880, awal mulanya rokok dipakai untuk mengobati penyakit asmanya, yang lalu jadi populer serta lainnya dipakai untuk mengobati penyakit, juga dipakai sebagai simbol pertemanan serta persahabatan. Dulu karena kenyataan rokok bisa membahayakan belum juga dapat dibuktikan hingga pada saat itu rokok sempat diiklankan, dari mulai jenis, bayi hingga dokter.

Tetapi seiring waktu berjalan, beragam penyakit mulai datang dari rusaknya selaput lendir. Hingga sebagian penyakit beresiko sebagaimana kanker bisa dihadapi beberapa perokok. Tersebut disini sebagian penyakit beresiko yang disebabkan dari kecanduan rokok :

1. Penyakit Paru

Bahaya merokok bisa mengakibatkan perubahan susunan serta peranan saluran nafas serta jaringan paru-paru. Pada saluran napas besar, sel mukosa jadi membesar, serta kelenjar mukus jadi bertambah banyak (hiperplasia). Pada saluran napas kecil, berlangsung radang enteng, sampai penyempitan karena menambahnya sel serta penimbunan lendir. Pada jaringan paru-paru, berlangsung peningkatan juAmlah sel radang serta rusaknya alveoli (cabang dari paru).

2. Penyakit Jantung Koroner

Satu penyakit yang berlangsung saat ada penyumbatan parsial aliran darah ke jantung. Penyebabnya paling utama dari jantung koroner yaitu nikotin serta karbon monoksida. Bahaya asap rokok ini bisa mengganggu irama jantung serta mengakibatkan sumbatan pada pembuluh darah jantung, sementara karbon monoksida, bisa mengakibatkan supply oksigen pada jantung menyusut karena berikatan dengan Hb Darah.

3. Impotensi

Tjokronegoro, seseorang spesialis andrologi UI membeberkan kalau nikotin yang dibawa oleh darah juga akan menebar ke semua organ badan, termasuk juga organ reproduksi. Zat ini juga akan mengganggu sistem spermatogenesis, hingga kualitas sperma jadi jelek. Lainnya mengakibatkan kerusakan kualitas sperma, rokok juga jadi aspek kemungkinan masalah peranan seksual khususnya, masalah disfungsi ereksi (DE).

4. Kanker Mulut, Kerongkongan serta Usus

Kanker mulut, serta bibir ini dapat juga karena sebab panas dari asap rokok. Sementara untuk kanker kerongkongan, diperoleh data kalau pada perokok peluang terjadinya kanker kerongkongan serta usus yaitu 5 – 10 kali semakin banyak dari pada bukanlah perokok.

5. Mengakibatkan kerusakan Otak

Sama seperti dengan Jantung, efek rokok pada otak yaitu ada penyumbatan serta penyempitan pada pembuluh darah otak yang disebabkan karena dampak nikotin pada pembuluh darah. Bahaya asap rokok yang memiliki kandungan nikotin, juga akan mengganggu supply oksigen pada semua syaraf pada organ badan.

6. Peyakit Katarak

Rokok bisa mengakibatkan penyakit katarak hingga pada kebutaan. Kemungkinan pada perokok 3x lebih tinggi di banding bukanlah perokok.

7. Gigi

Asap rokok menjadikan beberapa perokok, kemungkinan mengalami Periodontitis (Gusi terbakar yang juga akan menghadap ke infeksi serta mengakibatkan kerusakan jaringan halus serta tulang) sebesar 10 kali lebih tinggi.

8. Penyakit Asma

Studi di Finlandia memberikan kalau perokok pasif (yang hirup asap rokok), menyumbang munculnya penyakit asma pada seorang dewasa. Serta di Inggris, studi yang dikerjakan National Asma Campaign memberikan kalau 80% rokok menyebabkan penyebabnya asma.

9. Kanker Perut serta Lambung

Penyakit karena merokok yang menyerang perut yaitu kanker perut serta lambung. Riset memberikan kalau tingkat kemungkinan kanker perut berbanding lurus dengan jumlah serta lama merokok.

10. Masalah Kehamilan

Merokok pada ketika kehamilan bisa mengakibatkan masalah pada perubahan janin. Baginya WHO terdaftar pada tahun 2008 ada 45% wanita merokok serta 27% wanita hamil merokok. Pada ibu hamil yang merokok bisa menyebabkan komplikasi kehamilan sebagaimana lahir sebelumnya saatnya (Prematur), berat tubuh lahir kurang, mortalitas perinatal, serta masalah perubahan janin.

Lainnya itu asap rokok dapat juga mengakibatkan keguguran, masalah tumbuh kembang anak karena masalah supply oksigen serta pernafasan pada janin. Bila ibu merokok 10 batang /hari juga akan mengakibatkan anak mengalami tanda asma 2 kali lebih tinggi.

11. Ginjal

Kanker ginjal dapat juga menyerang perokok, serta kanker ini lebih kerap diketemukan pada perokok dibanding dengan yang tak merokok.

12. Kanker Leher Rahim

Untuk perokok wanita zat yang ada di dalam rokok dan asapnya, bisa mengakibatkan kanker leher rahim.

13. Darah

Kemungkinan terserang kanker Darah (Leukimia) pada perokok yaitu 1, 53 sementara pada eks perokok yaitu 1, 39.

Written by 

Related posts