Search

8 Penyebab Mengantuk Saat Olahraga

AlikaNews.Com – Olahraga benar-benar sangat perlu untuk badan khususnya dapat menjadikan badan jadi lebih sehat. Olahraga dapat juga tingkatkan kesehatan jantung, otot badan serta menghindar beragam type penyakit sebagaimana kanker, diabetes, serta serangan jantung. Tetapi kadangkala sebagian orang terasa ada kendala ketika olahraga sebagaimana rasa mengantuk yang berat. Mengantuk ketika atau selepas olahraga nyatanya memberi efek yang begitu serius untuk badan.

Mekanisme badan sesungguhnya telah mempunyai system yang begitu pas sebagaimana sistem metabolisme untuk badan. Perihal ini pula yang dapat menjadikan badan terasa begitu bugar. Tetapi ada banyak hal sebagai penyebabnya rasa mengantuk ketika olahraga. Di bawah ini sebagian penyebabnya paling utama yang paling kerap berlangsung.

1. Dehidrasi
Kurang minum sebelumnya mulai olahraga, ketika olahraga serta selepas olahraga dapat menjadikan Anda terasa begitu mengantuk. Hal semacam ini karena sebab badan kehilangan peranan cairan ketika olahraga serta badan Anda keluarkan banyak keringat. Saat badan kekurangan air jadi badan akan kehilangan elektrolit yang menjadikan keadaan badan jadi lebih lemah. Lainnya terasa mengantuk jadi badan dapat juga terasa mual serta sakit kepala.

2. Teknik Pernapasan yang Buruk
Langkah pernapasan yang jelek sepanjang olahraga dapat juga mengakibatkan rasa mengantuk yang begitu berat. Pernapasan yang sangat cepat atau sangat lambat ketika olahraga juga akan menjadikan badan Anda jadi lebih lemah. Bila bernafas sangat cepat jadi badan juga akan merasa lebih capek, sedangkan bila Anda bernafas sangat lambat jadi dapat menjadikan Anda terasa sakit kepala. Karenanya pernapasan yang baik mesti ditata untuk hindari rasa capek serta mengantuk ketika olahraga.

3. Olahraga Berlebihan
Sebagian orang memanglah dapat olahraga dengan teratur dengan teknik yang baik. Tetapi olahraga sangat berat juga tak baik untuk badan. Badan sesungguhnya memerlukan saat istirahat untuk memulihkan tenaga serta metabolisme yang baik. Bila olahraga sangat dipaksakan jadi dapat menjadikan badan jadi tak fresh. Rasa mengantuk semakin banyak karena sebab badan Anda memang sungguh-sungguh capek serta perlu istirahat.

4. Badan Tak Bugar

Saat badan tengah dalam keadaan yang tak bugar atau sakit jadi dapat menjadikan rasa mengantuk ketika olahraga. Badan banyak memakai tenaga dari karbohidrat serta cadangan gula dalam darah. Badan yang tak bugar mungkin saja tak memiliki ke-2 hal semacam ini. Hal semacam ini dapat menjadikan badan jadi begitu capek serta lalu rasa mengantuk menyerang ketika olahraga.

5. Gula Darah Begitu Rendah
Saat badan tengah olahraga jadi memerlukan cadangan gula darah pada badan sebagai sumber tenaga. Tetapi bila badan tak memiliki cadangan glukosa dalam jumlah yang pas jadi dapat mengakibatkan rasa capek, pusing serta mengantuk. Keadaan ini kerap dibarengi dengan gejala-gejala sebagaimana denyut jantung yang bertambah, mual serta badan gemetar.

6. Kurang Tidur
Sebelumnya olahraga memanglah baiknya badan dalam keadaan yang fresh serta istirahat yang pas. Tetapi sebagian orang memaksa tetaplah olahraga selepas pulang bekerja. Kadangkala sebagian orang tetaplah olahraga selepas mereka kurang tidur pada hari-hari terlebih dulu. Hal semacam ini dapat menjadikan badan terasa lemah, capek serta mengantuk ketika olahraga. Rutinitas yang jelek ini dapat menjadikan badan jadi tak stabil serta menyebabkan serangan jantung.

7. Diabetes
Diabates dapat jadi satu diantara penyebab rasa mengantuk terlalu berlebih ketika olahraga. Diabetes adalah keadaan kandungan gula yang sangat tinggi pada badan karena badan kekurangan hormon insulin. Sesungguhnya kandungan gula darah dapat jadi sumber daya ketika olahraga, namun karna jumlahnya yang terlalu berlebih jadi dapat menjadikan badan jadi lebih lemah. Malahan selepas olahraga jadi badan juga akan tetaplah lemah karna jumlah insulin yang tak terpenuhi.

8. Anemia
Badan yang kekurangan zat besi dapat merasa begitu mengantuk ketika olahraga. Anemia yaitu keadaan badan saat tak mempunyai zat besi dalam jumlah yang pas. Zat besi yaitu tenaga untuk sel darah yang berperan untuk mengalirkan oksigen serta sari-sari makanan ke semuanya sisi badan. Bila zat besi begitu rendah jadi dapat mengakibatkan badan kekurangan oksigen serta sari makanan yang pas. Sistem berikut yang menjadikan badan juga akan terasa begitu mengantuk ketika olahraga. Untuk orang yang mengalami anemia serta menginginkan lakukan olahraga dengan teratur dapat konsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi super tinggi untuk melindungi kesehatan.

Written by 

Related posts