Search

8 Tips Mengobati Faringitis

AlikaNews.Com – Faringitis atau disebut juga sebagai radang tenggorokan adalah kondisi penyakit yang paling sering terjadi untuk semua orang. Biasanya faringitis muncul bersamaan dengan serangan influenza. Penyebab utama dari faringitis adalah beberapa jenis bakteri dan virus seperti virus penyebab batuk, influenza hingga campak. Gejala yang sering menyertai faringitis misalnya batuk, demam, flu, sakit saat menelan dan bicara.

Biasanya faringitis akan sembuh sendiri selama seminggu atau lebih. Namun untuk mencegah kondisi yang lebih buruk maka bisa mencoba beberapa cara pengobatan dibawah ini :

1. Berkumur Air Garam Hangat

Garam memiliki manfaat yang sangat baik untuk membunuh semua bakteri penyebab faringitis. Sebuah penelitian yang dikembangkan oleh Universitas Connecticut mengungkapkan bahwa air garam membantu membuat nyaman tenggorokan dan mengeluarkan semua lendir yang menumpuk pada tenggorokan. Cara untuk membuat obat ini adalah dengan mencampurkan satu gelas air dengan setengah sendok teh garam. Air garam ini juga bisa mengecilkan pembengkakan pada bagian kelenjar di tenggorokan.

2. Teh dan Madu

Madu sudah dipercaya sebagai salah satu zat paling ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah madu sangat berkhasiat untuk menyembuhkan luka pada faringitis. Madu juga bisa mengatasi batuk yang sering muncul bersamaan dengan faringitis. Cara perawatan ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah yaitu campurkan satu sendok madu ke dalam teh hangat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa teh dan madu memang efektif untuk menyembuhkan radang tenggorokan yang terjadi pada anak-anak.

3. Akar Licorice (Akar Manis)

Tanaman akar manis atau licorice sudah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu. Berbagai penyakit bisa disembuhkan dengan akar licorice termasuk faringitis. Akar licorice mengandung glisirin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membunuh semua bakteri yang ada dalam tenggorokan. Cara untuk pengobatan adalah dengan menambahkan satu sendok makan akar licorice ke dalam satu gelas air hangat. Anda juga bisa menambahkan perasangan jeruk lemon dan madu. Namun akar licorice tidak baik untuk orang yang memiliki beberapa gangguan seperti diabetes, gangguan ginjal, gangguan hati dan tekanan darah tinggi.

4. Cuka Apel

Cuka apel yang dihasilkan dari sari buah apel memang sangat tepat untuk mengobati faringitis. Seperti bahan apel yang menjadi komposisi utama, maka cuka apel bisa melawan semua bakteri dan virus yang ada di dalam tenggorokan. Selain itu, cuka apel juga mengandung semua jenis vitamin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa bekerja untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Cara untuk perawatan faringitis adalah dengan mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air hangat atau teh. Anda bisa meminumnya tiga kali dalam sehari.

5. Larutan Bawang Putih

Bawang putih bisa menjadi salah satu obat yang sangat ampuh untuk mengobati faringitis. Bawang putih mengandung sebuah senyawa yang disebut dengan alisin, yaitu senyawa yang bisa membunuh bakteri dan virus serta mengatasi peradangan pada bagian tenggorokan.

Caranya adalah dengan membuat air panas yang ditambahkan dengan beberapa siung bawang putih. Kemudian gunakan larutan ini untuk berkumur.Atau Anda juga bisa merebus beberapa siung bawang putih kemudian minum airnya selama tiga kali sehari.

6. Kumur dengan Air Kunyit

Kunyit juga bisa menjadi salah satu obat yang sangat bermanfaat untuk mengobati faringitis. Kunyit mengandung zat atau senyawa yang bisa membunuh semua bakteri dan virus. Selain itu, kunyit juga memiliki zat anti peradangan sehingga menyembuhkan peradangan pada batang tenggorokan. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh kunyit bubuk ke dalam air hangat. Aduk rata dan gunakan untuk berkumur selama dua atau tiga kali dalam sehari.

7. Minum Air Jahe

Jahe memang bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit termasuk faringitis. Jahe memiliki senyawa yang bersifat mengalahkan peradangan, menghilangkan rasa sakit dan membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman. Selain itu, jahe juga bersifat membunuh bakteri dan virus. Cara untuk perawatan faringitis dengan air jahe adalah dengan merebus beberapa potong jahe kemudian saring dan minum airnya. Anda bisa menambahkan madu atau gula batu.

8. Minum Sup Ayam

Sup kaldu yang direbus dengan ayam juga bisa menjadi obat untuk faringitis. Gunakan jenis ayam kampung yang memang menghasilkan banyak kaldu. Rebus dengan beberapa bumbu bermanfaat seperti bawang putih dan jahe. Jika Anda tidak dapat mengunyah daging karena tenggorokan yang terasa sakit, maka bisa minum air kaldunya saja. Kaldu ayam akan membuat badan Anda menjadi lebih segar dan nyaman.

Written by 

Related posts