Search

Pertolongan Pertama Ketika Ternyata Kena Minyak Panas

AlikaNews.Com – Perlu buat anda kenali langkah pertolongan pertama terkena minyak goreng panas bila anda tengah memasak. Semuanya ibu rumah-tangga atau koki yang bekerja di dapur pasti telah tak asing sekali lagi saat terserang minyak panas. Cipratan minyak panas juga akan merasa begitu panas serta menyakitkan. Walaupun telah berupaya supaya tak terserang minyak panas saat memasak atau menggoreng, tetapi kemungkinan ini memanglah tak dapat dijauhi.

Pertolongan Pertama

Saat terserang minyak panas jadi baiknya Anda tak langsung cemas. Di bawah ini langkah pertolongan pertama yang dapat Anda kerjakan.

1. Masukan Luka ke Air Dingin
Pada intinya luka terserang minyak panas memanglah sama sebagaimana type luka terbakar. Minyak yang panas kerap mengakibatkan sisa hingga menjadikan kulit jadi tak menarik. Karenanya pertama saat Anda terserang minyak panas, jadi langsung merendam luka dengan air dingin. Paling tidak Anda dapat merendam sepanjang 20 menit sampai luka jadi merasa dingin serta tak sangat panas.

2. Bersihkan dengan Kain Bersih
Selepas sisi luka di rendam dengan air dingin jadi bersihkan atau keringkan luka dengan handuk atau kain yang bersih. Janganlah menggosok-gosok sisi luka karna dapat mengakibatkan luka terkelupas serta infeksi. Anda cuma butuh mengeringkan dengan tempelkan handuk ke sisi luka.

3. Pakai Cream untuk Luka Terbakar
Selepas luka di rendam serta dibikin bersih, jadi aplikasikan sisi cream yang untuk luka yang terserang minyak panas. Cream spesial untuk luka bakar juga akan menolong menghindar sisa serta kemungkinan infeksi. Bila Anda tak mempunyai cream spesial anti luka bakar gunakanlah pelembab kulit yang dingin serta tak memiliki kandungan alkohol.

4. Tutup Luka dengan Perban
Sekecil apa pun luka karena terserang minyak panas baiknya ditutup dengan perban yang steril. Luka yang ditutup dapat menjadikan luka jadi lebih cepat pulih serta menghindar infeksi dari lingkungan.

5. Minum Banyak Air Minum
Walaupun itu cuma terserang luka minyak panas yang kecil atau besar, jadi Anda mesti banyak minum air mineral. Air mineral juga akan menolong badan kurangi kemungkinan dehidrasi. Lainnya itu air dapat juga tingkatkan cairan badan serta mensupport system kebal badan.

6. Memohon Pertolongan Medis Segera
Bila ada korban yang terserang minyak panas dengan ruang yang begitu besar jadi pertolongan pertama dapat dikerjakan dengan merendam dengan air dingin. Selepas itu mesti selekasnya memohon pertolongan medis. Luka terserang minyak panas dalam taraf yang lebih luas memerlukan perawatan medis. Janganlah memberi cream apa pun karna dapat mengakibatkan komplikasi. Lainnya itu janganlah memberi air minum atau makanan apa pun karna mungkin korban memerlukan aksi operasi dengan bius keseluruhan.

Perawatan Alami Karena Minyak Panas

Bila Anda alami cipratan air panas atau dengan tak berniat terserang minyak panas dalam taraf yang kecil jadi Anda dapat lakukan perawatan alami. Sebagian perawatan alami berikut ini tak dianjurkan untuk luka dengan taraf ruang yang luas serta keadaan gawat.

1. Pakai Masker Mentimun serta Kentang
Anda dapat berusaha untuk memakai mentimun serta kentang. Potong kentang serta mentimun lalu bersihkan di air yang mengalir. Lalu campur dengan sedikit air serta leburkan dengan jus. Selepas itu pakai masker ini ke sisi luka yang terserang minyak. Mentimun serta kentang juga akan mendinginkan luka serta kurangi infeksi karena peradangan.

2. Pakai Masker Strobery serta Tomat
Bila Anda mempunyai strobery serta tomat jadi dapat dipakai dengan membuatnya jadi masker. Ambillah sebagian buah strobery serta tomat lalu leburkan dengan jus. Selepas itu berikan di bagian yang luka. Strobery serta tomat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi hingga dapat menolong kurangi infeksi serta menghindar peradangan. Malahan masker ini dapat juga menghindar sisa pada kulit.

3. Pakai Gel Lidah Buaya
Bila Anda mempunyai tanaman lidah buaya, jadi dapat juga dipakai untuk menyembuhkan luka karena terserang minyak panas. Anda dapat ambil sebagian batang lidah buaya lalu bersihkan sampai bersih. Selepas itu ambillah gel nya dengan mengupas kulit lidah buaya. Pakai gel langsung di bagian yang terluka. Gel lidah buaya juga akan menolong kurangi kemungkinan pembengkakan serta menjadikan luka cepat pulih.

4. Pakai Air Perasan Jeruk Nipis
Anda dapat juga mengobati luka karena minyak panas dengan memakai air perasan jeruk nipis. Langkah tersebut begitu gampang dikerjakan. Anda pas ambil jeruk nipis yang telah dibikin bersih lalu belah jadi dua sisi. Selepas itu perasa serta ambillah airnya. Pakai airnya dengan langsung di bagian luka. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang dapat menjadikan luka cepat sembuh. Tetapi umumnya banyak yang tak tahan karna juga akan merasa perih pada luka.

Written by 

Related posts