Search

8 Bahaya Susu Bubuk Bagi Kesehatan

AlikaNews.Com –  Susu bubuk yaitu type susu formula yang umumnya terbuat dari susu sapi di mana 80% mempunyai kandungan protein yang relatif menggumpal saat ada di dalam lambung serta nutrisinya lambat terserap oleh badan, Hingga menyebabkan timbulnya sebagian efek kurang baik untuk kesehatan badan.

Bahaya susu bubuk

Susu yaitu makanan penambahan yang menyehatkan serta baik untuk perubahan perkembangan anak anak, Tetapi tak dengan susu bubuk karna susu bubuk mempunyai sebagian kekurangan yang bisa mengakibatkan kerusakan kesehatan badan, Salah satunya :

1. usus luka Serta keracunan
Susu bubuk yang terbuat dari susu sapi memiliki kandungan lemak hewani tidak jemu yang gampang bereaksi dengan oksigen serta udara bebas (gampang megalami oksidasi).
Asam lemak pada susu bubuk gampang teroksidasi karna :
• Gampang absorbsi bau oleh lemak tidak jenuh
• Reaksi dari enzim yang ada pada lemak susu
• Mudahnya masuknya mikroba
• Karna hubungan dengan atmosfer atau udara bebas.

Keadaan tersebut yang mengakibatkan hidrogen lepas dari ikatannya yang utuh lalu terjadilah radikal alkil atau radikal bebas. Yang percepat sistem oksidasi itu yaitu Ozon, Kalium permanganat, Perbenzoat logam serta asam perasetat. Senyawa yang ada pada asam lemak susu bubuk berbentuk labil serta gampang pecah hingga hasilkan senyawa hidrokarbon, Adehid dan keton yang menyebabkan perubahan rasa, Warna, Kualitas nutisi, Aroma serta susunan kimia dari susu tersebut.

Jadi terjadi susu bubuk gampang jadi tengik serta gampang dihinggapi bakteri, Jamur, Mikroorganisme serta virus saat tutup kemasannya lupa ditutup atau tak tertutup dengan rapat. Keadaan ini bisa mengakibatkan luka pada usus serta menyebabkan timbulnya keracunan pada bayi atau anak anak dengan tanda awal Mual, Muntah, Kepala nyeri serta kejang kejang.

2. Radang selaput otak
Bahaya susu bubuk atau susu formula relatif ada pada zat hidrogen sulfida serta amonia yang gampang sekali tercemari oleh radikal bebas saat susu yang sudah di buat tak selekasnya di habiskan atau tak disimpan dalam almari pendingin atau malah sangat lama dalam almari pendingin (Lebih dari 24 jam) jadi Bakteri yang paling gampang masuk yaitu bacteri enterobacter sakazaki penyebabnya paling utama timbulnya sepsis atau luka yang cepat melebar pada badan serta menyebar kearah jaringan otak, Di mana juga akan berlangsung peradangan otak serius.

3. Mengakibatkan alergi
Bahan bahan yang ada di dalam Susu bubuk sering tak pas untuk system keseimbangan badan bayi atau anak balita yang masih begitu peka pada benda asing yang masuk di dalam badannya serta tak gampang terserap secara cepat oleh system pencernaannya, Pada akhirnya bisa mengakibatkan timbulnya bahaya susu bubuk yang sering menyerang bayi, Balita serta anak anak umur di atas 7 tahun yakni dengan satu diantara ciri ciri alergi umpamanya gatal gatal.

4. Mengakibatkan kanker
Saat susu bubuk dimasukkan dalam botol plastik serta ditambahkan air oanas manfaat untuk mengencerkan susu jadi pada ketika tersebut berlangsung pelepasan zat zat kimia yang ada di dalam botol plastik yang bisa mengakibatkan kerusakan sel DNA dengan bertahap. Bila rutinitas itu berlaku sepanjang bertahun tahun jadi bisa menyebabkan bahaya susu bubuk berbentuk timbulnya kanker.

5. Menyebabkan diabetes
Susu bubuk atau susu formula sebelumnya lewat sistem pengemasan lebih dulu ditambahkan gula yang terbuat dari tebu. kandungan gulanya begitu tinggi hingga bisa mengakibatkan timbulnya bahaya susu bubuk yang tak terduga yakni peningkatan kandungan gula dalam darah pada anak anak atau orang dewasa. Bila terus-terusan dikonsumsi bisa mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes.

6. Menyebabkan Leukimia
Rutinitas minum susu bubuk yang disiram air panas terus-terusan sepanjang bertahun tahun pada anak anak bisa menyebabkan timbulnya bahaya susu bubuk yang mengerikan yakni berbentuk tumbuhnya sel kanker leukimia. Penyakit leukimia menyerang sumsum tulang belakang yang disebut susunan dari penyakit kanker darah. Sumsum tulang belakang dapat alami rusaknya bila badan kekurangan zat folat.

Susu bubuk mempunyai kandungan zat folat yang begitu rendah dibanding susu cair. Konsumsi susu bubuk terlalu berlebih serta periode panjang bisa menyebabkan timbulnya rusaknya sel DNA di bagian darah yang nanti mengakibatkan kanker darah atau leukimia. Bila memanglah menginginkan memberi anak anak umur di atas 3 tahun susu bubuk, Jadi berilah seadanya saja serta imbangi dengan makanan yang mempunyai zat folat tinggi umpamanya Jagung, Bit merah, Brokoli, Bayam, Selada serta beda lain supaya ketersediaan folat pada badan tetaplah tercukupi.

7. Nafsu makan hilang
Kandungan protein hewani, Lemak tidak jemu, Kalsium serta menambahkan kandungan gula pada susu bubuk bisa bergabung jadi zat yang beresiko untuk anak anak karna bisa menyebabkan kehilangan selera makan. Bahaya Susu bubuk yang paling kerap menyerang anak anak yakni tak ingin konsumsi makanan beda lainnya susu. Keadaan ini bisa menyebabkan ketergantungan di mana bisa mengakibatkan tidak seimbangan gizi yang notabenya mereka masih dalam masa perkembangan serta malah memerlukan nutrisi lengkap berbahan bahan makanan yang berlainan yakni yang penuhi standard 4 sehat 5 prima.

8. Pneumonia atau radang paru paru
Taruh serta rawatlah kardus atau kaleng susu bubuk dengan baik baik karna bila tak jadi juga akan menyelinap bakteri serta virus lewat udara yang kerab masuk lewat pertolongan angin, Asap serta beragam type benda benda beda di sekelilingnya yang berdekatan dengan paket susu yang tanpa ada diakui nyatanya sudah terkontiminasi bakteri atau virus. Bahaya susu bubuk yang juga akan keluar yaitu tumbuh serta mengembangnya bakteri dan virus.

Written by 

Related posts