Search

8 Bahaya Minum Air es Bagi Kesehatan

AlikaNews.Com Р Saat keadaan panas, terik, kerongkongan merasa kering. Minum air es dingin jadi merasa nikmat serta beri kesegaran. Apakah benar minum air es beresiko untuk badan? Nyatanya minum es masih jadi masalah untuk kesehatan hingga ketika ini. Ada yang berujar beresiko, ada juga yang berujar tak.

Apa bahaya minum air es/air dingin?

1. Perlambat pencernaan.

air esDalam rencana kedokteran, pencernaan yaitu satu sistem yang memerlukan panas. Untuk menguatkan sistem pencernaan, diperlukan makanan hangat, makanan yang dibuat, atau minuman hangat. Masuknya air es yang relatif dingin juga akan memadamkan sistem panas yang sesungguhnya diperlukan badan. Efeknya, jika kita minum air dingin/es, atau menelan bahan makanan apapun yang lebih rendah daripada suhu badan serta suhu kamar, juga akan mengakibatkan ketidaknyamanan pada badan.

Dalam rencana kedokteran timur, berlangsung tidak seimbangan pada badan yang dapat mengakibatkan sakit. Tetapi pendapat beda berujar kalau, air es (suhu dingin) juga akan alami sistem penghangatan dengan alami oleh badan sendiri, hingga suhu air es sesuai sama suhu badan kita. Penghangatan juga akan dikerjakan ketika air es masuk ke rongga mulut, kerongkongan serta masuk ke lambung. Suhu air es akan dinetralisir dalam sistem ini. Untuk memperlancar pencernaan kita memerlukan makanan kaya serat yang baik untuk badan.

2. Mempersempit Usus

Rutinitas meminum air es/dingin juga akan mengakibatkan dinding usus menyempit. Sistem penghancuran serta penyerapan makanan dalam usus terganggu. Suhu es/dingin juga akan dapat mengakibatkan pembekuan partikel-partikel makanan yang berminyak yang sudah kita mengkonsumsi. Juga akan berlangsung penimbunan lemak dibagian saluran usus hingga berlangsung penyempitan usus. Mengakibatkan juga akan perlambat pencernaan serta mengganggu sistem pencernaan dengan luas juga akan terganggu.

3. Menjadikan Perut Buncit

Pada ketika sistem penghangatan, air es akan dihangatkan oleh bantalan lemak-lemak yang berada di perut. Jika minum air dingin kerap dikerjakan (malahan jadi rutinitas) jadi juga akan diperlukan bantalan lemak yang makin banyak. Bantalan lemak diperoleh dari konsumsi makanan yang kita makan keseharian yang juga akan tertimbun dalam perut. Jika tak disertai dengan olahraga yang pas jadi bantalan lemak juga akan makin banyak. Perut kita juga akan makin membuncit.

Buncit dapat juga dikarenakan bahaya minuman bersoda serta keseringan makan mie instan.

4. Menjadikan Perut Kembung

Air es/dingin juga akan menjadikan suhu badan sesuaikan (atau demikian sebaliknya) dengan makanan yang masuk. Meminum es juga akan merubah irama kerja organ didalam perut. Selaput lendir di lambung juga akan kontraksi (mengerut). Dampak imbuhnya perut otot merasa kraam atau kejang. Enzim serta cairan lambung juga akan bereaksi pada suhu dingin itu. Muncul gas dalam perut yang dapat menjadikan perut kembung (begah).

5. Tak Baik Diminum Setelah Olahraga

Ketika kita olahraga, jadi otot juga akan tegang, suhu badan semakin lebih panas dari suhu normal, sedangkan pada badan tengah berlangsung sistem pembakaran lemak. Saat air dingin/es masuk jadi juga akan berlangsung perubahan suhu badan dengan mendadak yang menyebabkan terganggunya sistem metabolisme badan.

Hal semacam ini juga akan mengakibatkan pembuluh darah menyempit, serta aliran darah tak lancar, malahan juga akan berlangsung pengejangan pada otot badan hingga berlangsung kram atau kejang perut. Jika hal semacam ini berlangsung pada otot jantung jadi juga akan menyebabkan sistem pemompaan darah serta sirkuasi darah tergangggu. Pada ketika habis olahraga, minum air dingin (seperlunya) masih diijinkan karna juga akan menolong dalam sistem mendinginkan suhu badan.

6. Sebabkan Pusing

Beberapa orang menganggap pusing cuma dikarenakan karena kurang darah, tetapi tak banyak yang tahu kalau hal itu bisa disebabkan oleh bahaya minum air es. Saat metabolisme badan terganggu, system syaraf pusat juga tak siap terima tanggapan perubahan suhu dalam sekejap. Organ-organ badan yang tengah memerlukan oksigen serta zat perlu yang lain dengan cepat menyusut suplainya. Otak tak dapat menyesuaikan secara cepat. Mengakibatkan kita juga akan terasa pusing, supply darah ke otak menyusut. Hati-hati pada pasien hypertensi (darah tinggi) atau hypotensi (darah rendah).

7. Rasa Haus Berlebih

Saat kita minum air es/dingin, rasa haus semakin lebih merasa sekali lagi. Serta saat kita menaikkan sekali lagi minum air dingin, jadi air dingin berlebihan juga akan dapat menyebabkan tidak seimbangan badan. Hal semacam ini berlangsung karna air dingin juga akan mengakibatkan badan lebih cepat kehilangan cairan. Rasa haus yaitu tanda kalau badan kita kekurangan cairan yang perlu selekasnya kita penuhi, lewat cara menggantinya dengan minum air suhu kamar umum. Setelah olahraga, tubub kita kekurangan cairan, jadi dianjurkan untuk memenuhinya dengan minum air seperlunya supaya cairan badan kembali normal.

8. Pembekuan Otak

Pendinginan dengan mendadak pada badan dapat mengakibatkan peranan fisiologis terganggu. Umumnya kita juga akan pusing atau migrain. Studi mengenai pembekuan otak dikerjakan untuk lihat dampak ketika seorang minum air es/dingin. Beberapa orang disuruh minum es dengan sedotan sampai tentang dinding langit-langit mulut mereka. Aliran darah yang menuju otak lalu dimonitor. Nyatanya berlangsung peningkatan aliran darah menuju otak. Ini yang menyebabkan rasa pusing sebentar atau pembekuan otak.

Selekasnya selepas itu rasa pusing juga akan berangsur menghilang. Pasti juga akan dapat dipahami bila mendadak saja/mendadak seorang pusing selepas minum air dingin. Pada pasien migrain serta sakit kepala, pembekuan otak berpeluang berlangsung. Studi dari Harvard Medical School seperti dilansir CBSnews memperoleh rangkuman kalau otak begitu peka pada suhu, hingga dibutuhkan obat-ovat vasodilatasi supaya darah hangat mengalir dalam jaringan untuk meyakinkan otak tetaplah dalam keadaan hangat.

Written by 

Related posts