Search

10 Tips Mengatasi Rasa Kantuk Berlebihan

AlikaNews.Com –  Bila ngantuk dikarenakan oleh masalah kesehatan, jadi yang perlu dikerjakan yaitu menangani masalah kesehatan itu. Orang yang dalam keadaan sakit, memanglah juga akan terasa lemas, malas, serta mengantuk terus-terusan. Sedangkan bila ngantuk dikarenakan hal-hal lain, jadi bisa diatasi dengan beragam langkah. Langkah menangani ngantuk terlalu berlebih yaitu sebagai tersebut.

1. Tidur serta Istirahat Cukup
Bila kerap alami ngantuk terlalu berlebih, baiknya seorang selekasnya mengecek alur tidur serta istirahatnya. Bila memanglah kurang istirahat serta tidur karna satu hal, jadi berusahalah merubah alur tidur. Umpamanya, bila memanglah mesti bekerja malam hari jadi baiknya mengatur alur tidur sebaik-baiknya supaya porsinya tetaplah pas. Banyak melakukan aktivitas di siang serta faedah minum susu sebelumnya tidur bisa menolong melakukan perbaikan alur tidur.

2. Alur Makan Seimbang
Alur makan juga punya pengaruh pada rasa kantuk seorang. Alur makan yang terlalu berlebih atau demikian sebaliknya juga akan mengakibatkan metabolisme badan terganggu serta salah nya ialah ngantuk terlalu berlebih. Oleh karenanya, periksalah alur makan bila kerap terasa ngantuk tak pada tempatnya. Sebelumnya pergi kesibukan, upayakan senantiasa sarapan pagi dengan menu sarapan pagi sehat.

3. Olahraga
Olahraga bisa menangani ngantuk terlalu berlebih. Ini terkait erat dengan metabolisme badan. Olahraga yang pas juga akan membuat lancar supply keperluan oksigen ke otak. Karna mengantuk serta menguap yaitu tandanya kalau otak kekurangan oksigen hingga memerlukan supply semakin banyak.

4. Minum Cukup
Dehidrasi bisa mengakibatkan badan seorang lemas. Ini menyebabkan peredaran darah yang membawa keperluan oksigen turut terhalang. Bila mengantuk, coba semakin banyak minum air putih. Jauhi minuman berkafein serta alkohol. Karna ini juga akan menghalangi penyerapan air pada badan. Cafein tak menyingkirkan rasa kantuk, tetapi bila diminum sebelumnya rasa kantuk datang bisa menghindar rasa kantuk datang sedangkan saat.

5. Hindari Stres
Stres yang berlangsung pada seorang juga akan menjadikan irama kehidupannya beralih. Orang yang stres juga akan alami kelelahan terlalu berlebih. Orang juga akan susah makan, susah tidur, serta banyak beraktivitas yang sesungguhnya tak butuh. Mengakibatkan, badan juga akan terasa mengantuk terus-terusan. Stres juga menyebabkan seorang alami insomnia pada malam hari serta mengantuk di siang hari. Therapy menyingkirkan stres bisa merubah alur tidur jadi tambah baik.

6. Jauhi Makanan Penambah Kantuk
Sarapan sebelumnya berkativitas begitu baik untuk kesehatan. Tetapi bila hari telah siang, orang yang tengah diserang kantuk terlalu berlebih disarankan untuk tak mengkonsumsi type makanan ini :

– gula berlebihan’
– nasi
– kentang
– kue serta pasta
– type minuman beralkohol
– kafein
– rokok
– daging olahan
– Makan Camilan

7. Makan makanan ringan spesifik yang sehat bisa menolong menangani ngantuk. Makanan ringan itu bisa berbentuk :

– Kacang-kacangan sebagaimana kacang mentega serta kacang almond
– Kerupuk gandum
– Keju rendah kalori

8. Bersihkan Muka
Bersihkan muka atau membasahi muka dengan air dingin dipercaya juga akan menjadikan rasa kantuk hilang. Anak yang mengantuk di kelas juga akan dianjurkan guru untuk membersihkan muka untuk menyingkirkan kantuknya. Hal itu dapat juga dikerjakan di kantor. Untuk orang yang beragama Islam bisa ambil air wudhu juga sholat bila sangat mungkin. Umpamanya sholat dhuha serta sholat dzuhur di saat istirahat siang. Bersihkan muka dengan air dingin menjadikan muka lebih bersih serta fresh. Selepas muka bersih serta fresh, jadi mata juga akan jadi lebih fresh.

9. Berdiri di Bawah Cahaya Matahari Pagi
Beberapa pakar mereferensikan kalau berdiri sehari-hari sekitaran 15 hingga 30 menit dibawah matahari pagi juga akan menyingkirkan insomnia serta menjadikan seorang lebih semangat melakukan aktivitas di siang hari. Ini terkait denga nmetabolisme badan serta vitamin D yang terserap ketika hirup udara fresh pagi hari serta terserang cahaya matahari pagi.

10. Tidur Siang
Beberapa pakar kesehatan merekomendasikan tidur siang sekitaran 5 hingga 25 menit. Janganlah hingga berlebihan, terlebih hingga dua jam. Bahaya tidur siang yang sangat lama juga akan menjadikan kesibukan tidur pada malam hari terganggu. Bila tak dapat tidur siang kurun waktu pendek, pas pejamkan mata dengan tempat santai sepanjang sekitaran 10 menit. Ini juga akan menolong beri kesegaran fikiran serta badan ketika tengah mengantuk. Janganlah tidur dengan menelungkupkan tubuh di meja karna tempat itu menjadikan badan tak beristirahat. Bila tengah berkendara, menepilah sebentar serta istirahat sebagian ketika.

Written by 

Related posts