Search

8 Penyebab Dada Sesak

1. Tersedak

Satu diantara argumen yang paling umum penyebabnya dada sesak napas yaitu tersedak. Tonjolan makanan yang menghambat saluran udara menjadikan supply oksigen ke pada badan jadi menyusut, yang selanjutnya juga akan menyebabkan sesak di dada. Pertolongan yang bisa diberi untuk menangani hal semacam ini yaitu lewat tehnik sebagaimana manuver Heimlich.

Mengenai sebagian keadaan yang bisa mengakibatkan tersedak diantaranya ada benda asing yang terhirup, anafilaksis, berlangsung pembengkakakan pada laring, Laryngo-trakeitis, pneumotoraks, paru-paru roboh, emboli paru, epiglotitis, Trakeo-esofagus fistula, tumor laring, tiroid tumor, difteri, difteri paru, tiroid gondok.

2. Ada benda-benda asing yang menyumbat saluran nafas

Studi sudah tunjukkan kalau makanan semi padat adalah satu diantara penyebabnya pada beberapa besar masalah asphyxiations, khususnya di kelompok orangtua. Asfiksia yang dikarenakan oleh makanan/benda asing pada orangtua diikuti dengan sesak napas yang berlangsung dengan penting.

3. Keracunan karbon monoksida

Keracunan karbon monoksida (CO) bisa berlangsung saat gas karbon monoksida terhirup oleh saluran pernapasan kita. CO adalah gas yang tak berwarna, tak berbau, dan adalah gas begitu beracun yang dibuat oleh pembakaran yang tak prima. Hal semacam ini bisa diketemukan dalam asap knalpot, kompor ataupun system pemanas yang rusak, kebakaran, ataupun bahaya asap rokok.

Gas CO bisa mengganggu kekuatan darah untuk membawa oksigen ke semua badan yang mana akhirnya bisa menyebabkan tanda sebagaimana sakit kepala, mual, kejang, serta pada akhirnya bisa menyebabkan kematian karena sesak napas.

4. Batuk rejan

Batuk rejan adalah satu diantara type penyakit menyebar yang dikarenakan oleh infeksi bakteri pada saluran pernafasan. Batuk rejan yang dikenal juga sebagai pertusis dikarenakan oleh bakteri bernama Bordetella pertussis. Tanda ciri khas dari batuk rejan yaitu terjadinya batuk yang dibarengi dengan nada melengking serta nafas yang terengah-engah. Komplikasi terjadinya batuk rejan dapat begitu serius, malahan bisa meneror jiwa, khususnya pada bayi. Masalah pertusis ini bisa dihindari dengan pemberian vaksinasi.

5. Tenggelam

Terbenam bisa menyebabkan paru-paru terisi dengan cairan (umumnya air) yang menyebabkan terhambatnya supply oksigen pada badan yang selanjutnya bisa jadi penyebabnya kematian mendadak kurun waktu yang relatif singkat. Pengawasan yang kurang pada anak-anak ketika berenang adalah penyumbang paling utama kematian karena terbenam.

6. Tercekik

Asfiksia dapat juga dikarenakan oleh hasil dari cekikan, yang dapat disengaja atau tak disengaja. Cekikan bisa jadi penyebabnya dada sesak serta menghalangi supply oksigen pada badan seorang dan kompresi saluran nafas, hingga sering menyebabkan kematian.

7. Difteri

Adalah infeksi saluran pernapasan (ISPA) yang dikarenakan oleh bakteri maupun toksin. Masalah ini umumnya memengaruhi amandel, tenggorokan, hidung, atau kulit. Mengenai gejala-gejala masalah ini diantaranya yaitu : sakit tenggorokan, demam enteng, peningkatan denyut nadi, ataupun munculnya amandel.

8. Asma

Asma yaitu penyakit kritis yang menyerang dimainkan paru-paru yang diikuti dengan kesusahan bernapas. Masalah ini dapat berlangsung pada umur berapapun, namun lebih kerap berlangsung pada umur anak-anak serta dewasa. Baginya the National Heart Lung and Blood Institute Amerika Serikat menyebutkan kalau lebih dari 6 juta anak-anak serta 22 juta orang dewasa di Amerika Serikat mempunyai keadaan asma. Penyebabnya asma kerap kali dihubungkan dengan alergi, serta umumnya orang yang alami masalah asma mempunyai alergi.

Beberapa orang yang paling berisiko untuk meningkatkan asma yaitu anak-anak yang kerap alami pilek atau infeksi pernafasan yang lain, sebagaimana bronkitis. Aspek resiko paling utama yang lain yaitu seorang yang mempunyai eksim, keadaan kulit alergi, aspek keturunan. Masalah asma dapat juga berkembang dari paparan iritasi bahan kimia sebagaimana polusi udara, paparan asap rokok. Beberapa hal itu bisa berperan pada resiko pengembangan asma atau makin memburuknya tanda asma.

Written by 

Related posts