Search

6 Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

AlikaNews.Com – Bepergian jauh menggunakan transportasi darat, laut, ataupun udara tentu akan sangat menyenangkan. Namun hal tersebut nampaknya tidak berlaku bagi mereka yang sering mengalami mabuk perjalanan. Terkadang, rencana untuk berlibur ke tempat yang jauh akan terganggu ketika kondisi tubuh menurun akibat mabuk kendaraan. Ketika mengalami mabuk perjalanan, perut akan terasa mual, kepala pusing dan terasa sakit, tubuh lelah, muncul keringat dingin, peningkatan air liur, dan juga kulit nampak pucat. Kondisi tersebut menjadi gangguan besar bagi orang-orang yang hendak melakukan perjalanan jauh. Bahkan orang-orang yang sering mengalami mabuk perjalanan seringkali merasa malas melakukan perjalanan jauh karena mentalnya sudah takut untuk merasakan mabuk perjalanan.

Menurut para pakar, tidak setiap orang memiliki bakat untuk mengalami mabuk perjalanan. Maka jangan heran jika orang yang mengalami mabuk perjalanan biasanya sudah sering mengalami hal tersebut. Bahkan, orang yang sering mengalami mabuk perjalanan akan merasakan gejala-gejala mabuk perjalanan ketika perjalanan baru saja dimulai. Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu. Karena itulah, seseorang yang sering mengalami mabuk perjalanan harus melakukan antisipasi ekstra ketika akan melakukan perjalanan jauh.

Mengalami mabuk perjalanan ketika melakukan perjalanan jauh adalah suatu hal yang sangat mengganggu. Karena itulah, Anda harus mengatasi hal tersebut agar perjalanan tetap terasa nyaman, bahkan Anda tidak perlu merasa khawatir ketika melakukan perjalanan jauh. Berikut beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan.

1. Duduk di Bagian Depan

Jika Anda bepergian menggunakan mobil, usahakan agar Anda selalu duduk di kursi depan. Para peneliti menyatakan bahwa mabuk kendaraan terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara apa yang dilihat oleh mata dan bagaimana tubuh menginterpretasikan gerak kendaraan. Hal itulah yang akan menyebabkan mual dan pusing sebagai gejala dari mabuk kendaraan.

Untuk mengatasi hal tersebut, duduklah di kursi depan sehingga fokus mata berada di jalan yang Anda lihat di kursi depan. Kondisi itu akan membuat mata dan juga tubuh Anda menginterpretasikan informasi yang sama. Menyetir juga bisa menjadi cara menghilangkan mabuk perjalanan. Dengan menyetir, pikiran Anda akan terfokus untuk melihat jalanan yang ada di depan. Namun, jika Anda tidak bisa mengemudikan mobil, usahakan agar Anda duduk di samping kemudi sehingga fokus Anda akan berada di jalan depan.

2. Fokuskan Pandangan

Jika kondisi tidak memungkinkan Anda untuk duduk di kursi depan, maka metode lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memfokuskan pandangan pada cakrawala. Lihatlah ke luar dinding jendela, perhatikan pohon, gunung, atau obyek yang ada di depan sehingga membantu mata, telinga bagian dalam, dan juga saraf tetap berada dalam kondisi terkendali. Usahakan agar pandangan Anda mengarah ke bagian depan. Hindari melihat obyek melalui jendela bagian samping karena akan mengganggu mata dan juga sistem saraf Anda.

3. Buat Sirkulasi Udara yang Baik

Beberapa faktor yang menyebabkan mabuk kendaraan di antaranya adalah kekurangan oksigen dan juga sensitif terhadap udara dingin AC mobil. Untuk menghindari kondisi tersebut, sebaiknya Anda membuka sedikit kaca jendela mobil untuk menghasilkan sirkulasi udara yang baik. Hal tersebut akan membantu suplai oksigen yang cukup ke dalam kendaraan sehingga tubuh Anda juga tidak kekurangan oksigen. Selain itu, sirkulasi udara yang baik juga akan memberikan rasa nyaman bagi tubuh Anda.

Posisikan Kepala dalam Keadaan Stabil
Untuk menjaga pandangan mata tetap dalam keadaan stabil ada baiknya anda juga menjaga posisi kepala dalam keadaan yang stabil pula. Hal tersebut juga akan menjaga kondisi kepala tetap dalam kondisi rileks sehingga kepala tidak terasa pusing. Anda juga bisa menjaga posisi kepala tetap stabil dengan menggunakan bantuan bantal kepala.

4. Sering Beristirahat

Jika perjalanan yang Anda lakukan sangat jauh, usahakan agar Anda selalu beristirahat setiap jam. Keluarlah dari dalam mobil, duduklah di bawah pohon atau di bangku yang ada di pinggir jalan kemudian tarik napas panjang untuk merilekskan tubuh dan juga otak. Hal tersebut juga penting untuk meregangkan otot kaki dan juga tubuh sehingga rasa lelah dapat dihindari.

5. Mencoba Tidur di Dalam Mobil

Tidur bisa menjadi salah satu alternatif yang paling efektif untuk mencegah mabuk perjalanan. Cara ini juga terbukti berhasil dan sering digunakan oleh banyak orang sebagai tindakan antisipasi. Jika Anda kesulitan untuk tidur di dalam kendaraan, Anda bisa menggunakan bantuan obat tidur agar tubuh bisa beristirahat di dalam kendaraan. Namun, sebelum mengkonsumsi obat tidur pastikan bahwa Anda tidak akan memegang kemudi selama perjalanan.

6. Fokus dengan Hal yang Lain

Mengalihkan perhatian pada hal yang lain bisa menjadi alternatif yang efektif untuk mengatasi mabuk perjalanan. Cara ini juga bisa Anda terapkan untuk mengatasi mabuk perjalanan pada anak-anak. Anda bisa mendengarkan musik, bernyanyi, atau melakukan beberapa jenis permainan bersama penumpang yang lain.

Written by 

Related posts