Search

4 Bahaya Tertelan Permen Karet

AlikaNews.Com – Permen karet adalah satu diantara type permen yang banyak disukai oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Lainnya rasa-rasanya yang manis, kekenyalan serta dapat ditiup jadi sebagaimana balon jadi daya tarik dari permen karet. Tetapi di balik itu, anak-anak sesungguhnya pas beresiko bila menelan permen karet. Terlebih bila anak yang menelan permen karet itu masih termasuk anak kecil atau balita.

Permen karet Tertelan

Permen karet yang sesungguhnya cuma untuk dikunyah terkadang tidak berniat tertelan oleh anak-anak. Anak-anak yang menelan permen karet terkadang juga mengerjakannya karna mereka tak tahu bahayanya serta menduga kalau semuanya permen dapat ditelan. Orangtua butuh memberi info pada anak kalau permen karet memanglah tak dapat ditelan. Permen karet yang tertelan itu tak dapat diolah atau dihancurkan didalam system pencernaan karna berbahan yang terbuat dari semacam karet. Hal itu sudah pasti jadi pas beresiko bila permen karet ada dalam system pencernaan. Meskipun sesungguhnya permen karet nanti bisa bergerak lewat kesibukan pencernaan. Dengan ujar beda permen karet dapat keluar menuju sisi akhir system pencernaan yakni juga akan keluar berbarengan dengan ketika buang air besar.

Anak kecil sendiri terkadang tak demikian perduli dengan problem buang air besar. Mereka mungkin tak berupaya buang air besar serta menahannya untuk sekian waktu. Sementara problem permen karet mungkin mereka tak membeberkan pada orangtua kalau mereka menelan permen karet itu.

Bagaimana Reaksi Badan Ketika Permen Karet Tertelan?

Menelan permen karet dalam jumlah yang banyak atau sedikit kurun waktu singkat bisa menutupi saluran pencernaan. Penutupan saluran pencernaan itu lebih kerap berlangsung bila permen karet tertelan bersama dengan obyek asing yang lain sebagaimana koin dengan material beda yang tidak dapat diolah oleh system pencernaan sebagaimana biji bunga matahari. Anak kecil memanglah lebih berisiko karna mereka mungkin saja tak tahu kalau permen karet itu sesungguhnya tak ditelan namun cuma dikunyah. Tetapi pada umumnya nyatanya menelan permen karet sesungguhnya tak sangat beresiko karna sudah diterangkan terlebih dulu kalau permen karet juga akan keluar berbarengan dengan kotoran manusia.

Lalu apa yang berlangsung pada permen karet yang tertelan? Permen karet dapat terbuat berbahan alami atau bahan sintesis, perasa, dan pemanis. Badan sendiri bisa menyerap bahan pemanis buatan yang ada dalam permen karet meskipun dampaknya juga tak demikian bagus bagit badan. Badan juga akan tingkatkan banyak kalori bila kunyah banyak permen karet yang memiliki kandungan banyak gula.

Tetapi badan manusia tak dapat mengolah bahan karetnya dengan system pencernaan normal atau peristaltik. Jadi permen karet juga akan jalan selalu berbentuk tetaplah hingga menuju ke akhir system pencernaan itu. Meskipun tak beresiko bila cuma sekali tertelan tetapi sebaiknya bila anak kecil yang tak tahu tak di beri permen karet. Mengingat bahaya anak menelan permen karet ini, baiknya anak kecil dibawah usia 5 tahun tak di beri permen karet.

Robynne Chutkan, MD seseorang pakar pencernaan serta asisten profesor obat-obatan di Georgetown University membeberkan ternyata benar bila komponen permen karet tak diketemukan di alam. Badan manusia tak mempunyai enzim untuk menghancurkannya. Namun umumnya permen karet masuk kedalam colon serta pada akhirnya keluar berbarengan dengan kotoran. Lalu berapakah lama permen karet bisa keluar dari badan manusia? Ada asumsi kalau permen karet bisa bertahan lama dalam perut malahan hingga bertahun-tahun nyatanya tak benar ada. Baginya Chutkan, permen karet bisa langsung keluar kurun waktu sehari, dua hari, tiga hari, dan sebagainya namun tak juga akan hingga berminggu-minggu terlebih bertahun-tahun. Jadi sesungguhnya tak butuh sangat cemas bila nyatanya tak berniat tertelan terlebih dalam jumlah sedikit. Tetapi sesungguhnya kunyah permen karet dapat lebih beresiko bila dikerjakan dalam periode waktu yang lama.

Sebagian bahaya anak menelan permen karet yakni :

1. Menjadikan gigi jadi sakit

Masih terkait dengan problem gigi berlubang, permen karet juga punya potensi menjadikan gigi jadi sakit. Sakit gigi itu dapat disebabkan karna pemanis yang ada pada permen karet yang melekat pada gigi. Sakit gigi pada anak-anak juga pas merepotkan karna menjadikan anak jadi rewel. Sakit gigi itu dapat diatasi dengan menggosok-gosok gigi dengan teratur selepas makan serta sebelumnya tidur.

2. Dapat mengakibatkan problem pencernaan

Kunyah permen karet baik itu pada anak-anak serta orang dewasa dapat mengakibatkan kita memasukkan udara terlalu berlebih hingga, bisa mengakibatkan problem perut. Ketika kunyah permen karet jadi badan juga akan terima tanda yang salah yakni menduga kalau makanan juga akan masuk ke pada badan. Enzim serta asam untuk membuat makanan juga akan jadi aktif ketika kunyah permen karet walaupun tak ada makanan yang masuk ke pada badan. Hal semacam ini bisa mengakibatkan asam lambung terlalu berlebih.

3. Mengakibatkan problem sakit kepala

Anak-anak serta remaja dapat alami sakit kepala bila sangat kerap konsumsi permen karet. Satu studi membeberkan kalau anak-anak yang konsumsi permen karet sehari-hari relatif berisiko mengalami sakit kepala. Tetapi selepas mereka berhenti konsumsi permen karet itu sepanjang satu minggu jadi sakit kepala itu bisa menghilang.

Peneliti yakin kalau sakit kepala yang dihadapi remaja serta anak-anak itu dikarenakan oleh kandungan TMJ yang ada pada permen karet. Studi sebelumnya mengatakan kalau permen karet bisa jadi penyebabnya sakit kepala karna kandungan aspartam.

4. Kandungan pemanis buatan mengakibatkan problem obesitas

Permen karet di kenal memiliki kandungan pemanis buatan umpamanya aspartam serta sucralose. Satu studi memberikan kalau pemanis bisa menjadikan seorang alami problem berat tubuh. Pemanis buatan itu dapat tingkatkan nafsu makan, tingkatkan keinginan karbohidrat serta merangsang penyimpanan lemak. Jadi anak-anak yang konsumsi permen karet dapat mengakibatkan mereka jadi tinggi nafsu makannya. Bila tak diatasi jadi anak-anak dapat mengalami bahaya obesitas.

Written by 

Related posts